Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 4.0 Dirasakan di Pesisir Barat Lampung

Kompas.com - 17/04/2020, 12:36 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Hari ini, Jumat (17/4/2020) pukul 11:27:38 WIB, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah pesisir barat Provinsi Lampung.

Dari keterangan tertulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hasil analisa menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitude 4,0. Episenter terletak pada koordinat 5.44 LS dan 103.75 BT, berlokasi di laut pada jarak 34 km Barat Daya Pesisir Barat Lampung pada kedalaman 50 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,3 Guncang Pangandaran, Terasa hingga Tasikmalaya

Jenis dan mekanisme gempa bumi

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi.

Berdasarkan laporan amsyarakat, dampak gempa bumi yang dirasakan berupa guncangan dirasakan di wilayah Liwa I-II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Pagi Ini Maluku Utara dan Sumbawa Diguncang Lindu

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 11.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempabumi susulan. BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com