Astronom Temukan Planet Sangat Panas, dengan Hujan Besi saat Malam

Kompas.com - 13/03/2020, 18:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah exoplanet (planet di luar Tata Surya) yang ditemukan astronom memberikan informasi baru yang mengejutkan. Exoplanet tersebut terletak di konstelasi Pisces, 640 tahun cahaya dari Bumi.

Planet yang terbuat dari gas tersebut dinamakan WASP-76b. Planet tersebut berevolusi mengelilingi bintangnya dengan waktu hanya 1,8 hari.

Satu hal yang paling unik dari planet ini adalah suhunya yang ekstrem, mencapai 2.400 derajat Celcius.

Baca juga: Peneliti Temukan Gelembung Es, Bisakah Ungkap Kehidupan di Exoplanet?

Melansir Science Alert, Jumat (13/3/2020), pada siang hari temperaturnya sangat panas sehingga bisa membuat besi di permukaannya menguap. Kemudian pada malam hari, suhunya cukup dingin sehingga butiran besi pun turun ke permukaannya.

“Satu hal yang bisa dipastikan, planet ini hujan besi saat malam,” tutur ahli astrofisika dari University of Geneva, David Ehrenreich.

WASP-76b pertama kali ditemukan astronot pada 2016, yang disebut sebagai “hot Jupiter”. Dari segi massa, beratnya tidak semasif Jupiter namun karena terbuat dari gas planet ini berukuran lebih besar. WASP-76b berukuran sekitar 1,8 kali Jupiter.