Kompas.com - 13/03/2020, 17:02 WIB
Barak yang diperuntukkan penderita flu Spanyol di Camp Funston, Kansas, 1918. Otis Historical Archives, National Museum of Health and MedicineBarak yang diperuntukkan penderita flu Spanyol di Camp Funston, Kansas, 1918.

KOMPAS.com – World Health Organization (WHO) telah mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi global. Sebelum ini, sejarah mencatat beberapa pandemi global dan beberapa di antaranya sangat mematikan.

Flu Spanyol (Spanish flu) disebut sebagai pandemi terparah. Flu ini mewabah pada 1918, menyebar dengan sangat cepat dan mematikan.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Apa Bedanya dengan Epidemi dan Wabah?

Melansir Live Science, Jumat (13/3/2020), pandemi ini diperkirakan menginfeksi sepertiga populasi dunia dan menewaskan 50 juta orang, atau sekitar 10 persen dari jumlah penderita.

Hal itu membuat flu Spanyol didapuk sebagai pandemi terburuk sepanjang sejarah.

Merebak pada Perang Dunia I

Outbreak virus ini bermula pada 1918, pada momen mendekati akhir Perang Dunia I. Para ahli sejarah percaya bahwa perang tersebut adalah penyebab buruknya pandemi ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para tentara hidup dalam kondisi yang sangat buruk dan jauh dari higienitas. Sistem kekebalan tubuh mereka melemah dan malnutrisi merajalela.

Masalahnya, usai terinfeksi, biasanya para tentara merasa lebih baik usai tiga hari. Namun justru itulah momen di mana virus menyebar dengan cepat.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Ini 6 Pandemik Terburuk Sepanjang Sejarah

Pada musim panas 1918, para tentara mulai pulang ke negara dan rumah masing-masing. Dalam tubuh mereka terdapat virus flu Spanyol yang sudah tidak dirasakan lagi gejalanya. Hal itulah yang membuat virus ini cepat menyebar.

Uniknya, mayoritas virus flu Spanyol menyerang orang berusia 20-30 tahun dengan kondisi tubuh yang sebelumnya fit.

Berawal dari China?

Meski dinamakan Spanish flu, virus influenza ini bukan berasal dari Spanyol. Pada 2014, sebuah teori baru mengenai asal mula virus flu Spanyol.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.