Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hari "Long Weekend", Penumpang Stasiun Gambir-Pasar Senen Melonjak

Kompas.com - 12/05/2024, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat, terdapat lonjakan penumpang yang berangkat stasiun-stasiun di Jakarta pada periode libur long weekend Kenaikan Yesus Kristus.

Dari periode Rabu (8/5/2024) sampai dengan Sabtu (11/5/2024), terdapat 37.250 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir atau rata-rata 9.312 per hari.

Sementara 55.941 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau 13.985 penumpang per hari.

Baca juga: KAI Tambah 7 KA Tambahan Libur Long Weekend, Ini Daftarnya

“Jumlah penumpang berangkat pada momen libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dilansir dari laman KAI, Minggu (12/5/2024).

Puncak jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen terjadi pada Kamis (9/5/2024), sebanyak 12.748 penumpang di Stasiun Gambir dan 17.419 di Stasiun Pasar Senen.

Jika masyarakat belum memiliki tiket, dapat segera membelinya melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Apabila tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI.

Fitur ini akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Sejauh ini, rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Malang pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, Blitar-Bandung pp, dan relasi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com