Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, SMF Bukukan Laba Bersih Rp 466 Miliar

Kompas.com - 04/04/2024, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF membukukan laba bersih pada tahun 2023 sebesar Rp 466 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan, total akumulasi dana yang telah dialirkan SMF ke sektor pembiayaan perumahan sejak tahun 2005 hingga 2023 mencapai Rp 103,75 triliun dengan total kepemilikan aset mencapai sebesar Rp 45,71 triliun.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, dari seluruh dana yang telah dialirkan, SMF telah membiayai kurang lebih 2 juta debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR), termasuk KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ini terbagi atas 85,11 persen wilayah barat, 13,91 persen wilayah tengah, dan sisanya sebesar 0,59 persen wilayah timur.

"Sesuai dengan perluasan mandat yang telah diberikan oleh pemerintah, SMF selalu berperan aktif dan menjalin sinergi dengan berbagai pihak dalam upaya mendorong perkembangan industri perumahan baik dari sisi supply maupun demand," ucap Ananta, Kamis (4/4/2024).

Sepanjang tahun 2023, SMF telah menyalurkan produk-produk dalam rangka implementasi perluasan mandat dari pemerintah sebesar Rp 6,5 triliun yang terdiri dari Kredit Konstruksi, Kredit Mikro Perumahan, KPRumah Usaha, KPR Inden/PPJB, serta KPR Sewa-Beli (Rent to Own).

Baca juga: Sejak 1976, BTN Guyur KPR Subsidi 4 Juta Rumah

SMF juga menunjukkan komitmennya dalam pengembangan Environment, Social, and Governance (ESG) dengan menerbitkan Obligasi dan Sukuk Berwawasan Sosial (Social Bonds), yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

Perseroan menerbitkan Obligasi Berwawasan Sosial sebesar Rp 500 miliar, serta Sukuk Berwawasan Sosial sebesar Rp 200 miliar.

Pada tahun 2023, SMF turut melakukan sekuritiasi dengan BTN dengan nilai transaksi sebesar Rp 600 miliar, serta dengan BSI untuk menerbitkan Efek Beragunan Aset Syariah berbentuk Surat Partisipasi (EBAS-SP) dengan underlying asset KPR iB BSI yang pertama kali dilakukan di Indonesia dengan nilai transaksi sebesar Rp 325 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com