Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Infra Terapkan Inovasi Digital Dukung Kelancaran Mudik 2024

Kompas.com - 04/04/2024, 16:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menyukseskan angkutan lebaran 2024, Astra Infra menerapkan teknologi digital dengan memanfaatkan Command Center, dan memasang Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS).

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar menuturkan, peresmian command center di KM 188 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) telah dilakukan pada 1 April 2024.

Command center tersebut akan berfungsi sebagai pusat pemantauan yang akan menjadi dasar penentuan rekayasa lalu lintas di ruas Tol Cipali oleh pihak kepolisian.

Baca juga: Jalur Nagrak-Cibitung Tol Cimaci Mulai Bisa Digunakan

Selain itu, perusahaan juga berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memastikan kesiapan CCTV sebagai sarana pemantauan pada titik-titik krusial ruas Tol Tangerang-Merak (Tamer), Cipali, dan Jombang-Mojokerto.

Astra Infra juga telah melakukan pemasangan RTMS tambahan di ruas Tol Tamer, Cipali, dan Jombang-Mojokerto.

Melalui penambahan perangkat tersebut, sebanyak total tujuh traffic counter telah siap mendukung pemantauan lalu lintas di ketiga ruas tol Astra Infra.

Adapun pemantauan lalu lintas yang dilakukan Astra Infra menunjukkan data sebagai berikut : 

Di Astra Infra Tollroad Tamer, total volume lalu lintas pada 2 April 2024 tercatat sekitar 171.000 kendaraan, atau meningkat sekitar 6,8 persen dibandingkan lalu lintas harian normal.

Volume kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Merak tercatat sekitar 11.600 kendaraan, meningkat sekitar 6 persen dari hari sebelumnya.

Baca juga: 25.000 Kendaraan Lintasi Tol Jombang-Mojokerto Jelang Mudik Lebaran

Sementara itu, ruas Astra Infra Tollroad Cipali mencatatkan sekitar 58.000 kendaraan yang melintas pada 2 April 2024. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 21 persen dibandingkan lalu lintas harian normal, atau sekitar 9 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Terpantau sekitar 20.000 kendaraan melintasi Palimanan menuju arah timur, atau meningkat sekitar 18 persen dibandingkan lalu lintas harian normal.

Adapun di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, terhitung sekitar 25.000 kendaraan melintas pada 2 April 2024.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan 4 persen dibandingkan lalu lintas harian normal.

Baca juga: Ingat, Saat Mudik 2 Ruas Tol Kutepat Hanya Boleh Dilintasi Kendaraan Golongan I

Sebagai salah satu upaya mencegah kepadatan, diskon tarif tol di ruas Astra Infra diberikan sebesar 20 persen pada Rabu 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 5 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam) untuk arus mudik.

Sedangkan untuk arus balik, diskon 20 persen diberikan pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam).

Diskon berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tamer, Cipali, dan Jombang-Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com