Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Penjualan Kondominium Melemah, Aktivitas Sewa Menyewa Tetap Kuat

Kompas.com - 10/02/2024, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 telah berakhir, tingkat penjualan unit kondominium hingga akhir 2023 masih tetap lemah.

Bahkan Cushman & Wakefield mencatat, angka penjualan 2023 mengalami penurunan sebesar 24 persen dibandingkan dengan total unit yang terjual pada tahun 2022.

“Salah satu alasannya, adalah pemilihan presiden pada awal 2024. Beberapa pembeli mengambil posisi wait and see dalam keputusan investasi mereka, termasuk dalam pembelian kondominium,” ungkap Assistant Manager Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Anindya Samesti.

Baca juga: Pasokan Baru Kondominium di Jabodetabek Turun 35 Persen

Dikatakan, akibat terbatasnya pasokan, penjualan kumulatif kondominium naik tipis dari 93,4 persen pada tahun 2022 menjadi 93,8 persen pada tahun 2023.


Sementara itu, capaian pra penjualan kondominium mengalami penurunan sebesar 2,4 persen, turun dari 60,3 persen pada tahun 2022 menjadi 58,9 persen di 2023.

“Unit kondominium yang banyak terjual di sepanjang 2023 merupakan kondominium segmen menengah bawah hingga menengah,” papar Anidya.

Baca juga: Proyek Kondominium di Kawasan TOD Akan Lebih Diminati

Berbeda dengan angka penjualan yang lemah, penyewaan unit kondominium di Jabodetabek ternyata tetap aktif.

Ini terlihat dari tren kenaikan tingkat okupansi kondominium sewa menjadi 59,2 persen atau naik 0,6 persen dari kuartal sebelumnya.

“Secara tahunan, kenaikan okupansi di tahun 2023 naik 4,6 persen dari tahun sebelumnya. Ini merupakan kenaikan tertinggi sejak terjadinya Pandemi Covid-19,” tegas Anindya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com