Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Direnovasi, Permukaan Piramida Ini Berbalut Granit

Kompas.com - 02/02/2024, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Guardian

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu piramida di Giza, Mesir, diketahui sedang direnovasi. Yang mengejutkan, seluruh permukaan luar piramida tersebut rencananya akan dilapisi oleh batu granit.

Proyek renovasi ini disampaikan langsung oleh Pimpinan Dewan Kepurbakalaan Mesir, Mostafa Waziri melalui video di akun Facebook pribadinya, Jumat (26/1/2024).

Dalam video tersebut, Mostafa memperlihatkan kesibukan para pekerja yang sedang memasang balok granit di dasar piramida.

Dilansir dari Guardian, piramida tersebut merupakan piramida Menkaure yang berlokasi di Giza. Letaknya ada di samping sphinx serta piramida Khafre dan Cheops.

Baca juga: Piramida Terbaru di Mesir Ini Dibuat dari Plastik Bekas

Menurut Mostafa, piramida yang sedang direnovasi tersebut tertutup oleh batu granit. Namun, seiring waktu, lapisan granit tersebut pun menghilang.

Renovasi pun dilakukan untuk mengembalikan gaya asli piramida dengan merekonstruksi lapisan granit yang telah hilang itu.

“Pekerjaan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga tahun dan akan menjadi “hadiah Mesir kepada dunia di abad ke-21”, kata Mostafa.

 

Namun demikian, langkah pemerintah Mesir ini dikritik banyak orang. Puluhan orang tampak kesal dan meninggalkan komentar yang mengkritik karya tersebut.

Egyptologist dari Arab Academy for Science, Technology & Maritime Transport Monica Hanna menyebut proyek tersebut merupakan proyek yang absurd.

Baca juga: Arsitek Perancang Piramida Louvre Meninggal Dunia

“Satu-satunya hal yang hilang adalah menambahkan granit pada piramida Menkaure! Kapan kita akan menghentikan absurditas dalam pengelolaan warisan Mesir?” ujarnya.

“Daripada menggunakan ubin, mengapa tidak memasang wallpaper pada piramida?” kata pengguna Facebook yang lain.

Masalah pelestarian warisan budaya di Mesir dalam beberapa tahun terakhir sering menjadi bahan perdebatan sengit.

Salah satunya adalah renovasi masjid Abu al-Abbas al-Mursi di pesisir Alexandria yang sudah abad ke-15.

Kecaman datang ketika kontraktor yang bertanggung jawab atas renovasi mengecat ulang langit-langit masjid yang penuh ukiran dan hiasan, dengan cat berwarna putih. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com