Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Factory Outlets Cikarang Digelar, Hadirkan Produk UMKM

Kompas.com - 26/01/2024, 19:29 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama PT Jababeka Tbk menggelar Factory Outlets Cikarang Trade Center di President University, Cikarang, 26-28 Januari 2024.

Pembukaan factory outlets tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Pada tahap awal, pengembangan factory outlets di Cikarang ini masih dilakukan dalam bentuk pameran dalam periode tertentu dan belum dibangun secara permanen.

Factory Outlets Cikarang Trade Center merupakan pusat kegiatan perdagangan yang mengundang 2.000 tenan industri dari 34 negara di Kawasan Industri Jababeka hingga pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kabupaten Bekasi, termasuk pelaku usaha binaan dari Dinas Perindustrian Pemkab Bekasi yang sudah berorientasi ekspor.

Acara ini diikuti oleh 50 peserta yang menghadirkan jasa maupun produk unggulan dengan harga pabrik, seperti produk otomotif, minuman dan makanan, produk makanan yang dibekukan, agrobisnis, fesyen dan kerajinan.

Factory Outlets Cikarang Trade Center diharapkan bisa memberikan peluang kepada para pelaku usaha meningkatkan penjualan, memperluas jaringan bisnis dan membuat masyarakat lebih mengenal produk atau jasa dari perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Jababeka Terima Kucuran Rp 1,2 Triliun dari Dua Investor Jepang

"Ketika ada pengunjung, ada wisata industri, ada UMKM yang bisa dikembangkan, itu semakin meningkatkan pilar perdagangan yang ada dalam UMKM itu sendiri," ucap Jerry saat ditemui usai peresmian.

Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan menyatakan siap memfasilitasi pendampingan, pelatihan, advokasi hingga business matching untuk membantu UMKM.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan berharap Factory Outlets Cikarang ini bisa dilakukan setidaknya satu tahun sekali.

"Ke depan, wisata industri kita tidak hanya mengunjungi pabrik, tetapi juga ada factory outlets yang bisa menjadi bagian dari kegiatan industri. Di dalamnya ada UMKM yang bisa membawa produk-produk unggulannya," ujar Dani.

Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono mengatakan, Factory Outlets Cikarang Trade Center hadir sebagai sarana yang tepat untuk mengenalkan dan mempromosikan barang, termasuk pabrik-pabrik di Kawasan Industri Jababeka.

"Saya pikir ini langkah maju bagaimana semua pihak bersatu dalam satu acara menampilkan pelaku usaha di Kabupaten Bekasi dan bisa mengenalkan produk unggulan mereka ke masyarakat. Karenanya, kami mendukung Factory Outlets Cikarang Trade Center, dan siap berpartisipasi pada tahun depan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com, terdapat tenant pelaku usaha multinasional hingga UMKM yang berpartisipasi.

Produk yang disediakan oleh UMKM juga beragam, mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga aksesoris kekinian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com