Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Prabowo Wujudkan "Giant Sea Wall" untuk Selamatkan Pantura Jawa

Kompas.com - 10/01/2024, 17:23 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengutarakan urgensi realisasi proyek giant sea wall.

Menurutnya, pembangunan giant sea wall perlu diwujudkan, terutama untuk menyelamatkan sekitar 50 juta masyarakat yang tinggal di pantai utara Jawa.

"Kita harus berkumpul, bersatu, segera kita percepat pembangunan giant sea wall ini untuk selamatkan bangsa Indonesia, terutama 50 juta rakyat kita yang hidup di pantai utara Jawa," ujar Prabowo dalam Seminar Nasional yang digelar di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Namun demikian, pembangunan giant sea wall memerlukan waktu panjang yang diperkirakan bisa mencapai 40 tahun.

"Berhasilnya giant sea wall ini mungkin terwujud 25 tahun, 30, bahkan 40 tahun yang akan datang. Tapi di situlah tanggung jawab kita untuk generasi di bawah kita," lanjut Prabowo.

Sementara, menurut Prabowo, politisi atau pejabat Indonesia hanya memiliki kekuasaan selama lima tahun, sehingga proyek jangka panjang ini belum juga direalisasikan. Padahal, wacana giant sea wall sudah mencuat sejak belasan tahun lalu.

Baca juga: Pembangunan Giant Sea Wall Tak Relevan Lagi untuk Jakarta

"Sekarang masalahnya, adakah pemimpin-pemimpin politik yang rela fokus berpikir, mengerahkan segala kemampuan dalam kurun waktu 40-50 tahun? Ini kewajiban kita," imbuh Prabowo.

Adapun perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk membangun giant sea wall tahap pertama mencapai Rp 164 triliun.

"Kita harus berani untuk mengalokasikan sumber daya. Tadi kalau kita lihat, untuk fase pertama saja Rp 164 triliun, mungkin semuanya nanti yang saya pernah dengar itu akan memakan 50-60 miliar dolar, mungkin lebih," tukas Prabowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com