Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Rp 248 Miliar, Empat Jembatan "Callender Hamilton" di Banten Tuntas Diganti

Kompas.com - 02/01/2024, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan pekerjaan penggantian dan/atau duplikasi empat Jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Banten.

Keempat Jembatan CH dengan total panjang 310 meter itu meliputi Jembatan Cisadane A, Jembatan Cisadane B, Jembatan Batu Ceper, dan Jembatan Tawing.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan, penggantian atau duplikasi Jembatan CH di Banten telah selesai seluruhnya pada tahun 2023.

Bahkan, keempat Jembatan CH itu sudah mulai dibuka guna mendukung pergerakan orang, jasa dan logistik bagi masyarakat, khususnya menuju kawasan pariwisata dan industri di Banten.

"Dengan selesainya penggantian atau duplikasi Jembatan Callender Hamilton diharapkan akan semakin mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Banten, khususnya melalui sektor pariwisata dan industri," ujar Endra dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (01/01/2024).

Baca juga: Jembatan Kaca Bromo-Tengger-Semeru Siap Diresmikan 2024

Jembatan Cisadane A dan B masing-masing dibangun sepanjang 110 meter untuk menghubungkan Kota Tangerang dengan Kabupaten Tangerang via Jalan Raya Merdeka-Jalan Gatot Subroto.

Kehadiran jembatan CH di jalan nasional dengan kualitas lebih baik ini akan meningkatkan konektivitas dalam mendukung pengembangan ekonomi kawasan Banten karena tersambung dengan Tol Jakarta-Merak, tepatnya di Pintu Tol Bitung.

Selanjutnya Jembatan Batu Ceper sepanjang 45 meter yang berada di Jalan Raya Daan Mogot, Kota Tangerang.

Jalan Daan Mogot merupakan jalan nasional yang menjadi urat nadi transportasi dan logistik menghubungkan Provinsi Banten wilayah timur (Kota Tangerang) dengan Kota Jakarta.

Kemudian penggantian Jembatan Tawing sepanjang 45 meter di Desa Karang Suraga, Cinangka, Kabupaten Serang.

Kehadiran Jembatan CH yang berada di Jalan Raya Anyer-Sirih juga diharapkan dapat mendukung akses menuju kawasan pariwisata yang berada di pesisir utara pantai Banten serta Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung.

Penggantian atau duplikasi empat jembatan tersebut merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dengan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) dengan nilai investasi Rp 248,4 miliar.

Pekerjaan fisik penggantian atau duplikasi jembatan CH berupa jembatan Steel Box Girder, Steel I Girder beserta bangunan pelengkap (termasuk Structural Health Monitoring System/SHMS), serta operasi dan pemeliharaan selama masa layanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com