Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Tol Japek II Selatan dan Solo-Yogya Beroperasi Fungsional

Kompas.com - 22/11/2023, 07:37 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah menyiapkan jalan tol untuk memfasilitasi arus kendaraan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada dua jalan tol di Pulau Jawa yang akan dioperasikan secara fungsional pada libur akhir tahun kali ini.

Yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartasura-Karanganom.

"Yang dapat difungsikan pada Natal dan Tahun Baru adalah Japek II Selatan Ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartasura-Karanganom," jelas Basuki dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Untuk Tol Solo-Yogyakarta, pada Lebaran 2023 lalu progresnya baru mencapai Pakis. Namun pada libur akhir tahun ini, ruas jalan yang selesai sudah mencapai Karanganom.

"Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartasura-Karanganom 13 kilometer yang Lebaran lalu baru sampai Pakis, tetapi pada Natal dan Tahun Baru akan bisa sampai Karanganom sepanjang 13 kilometer," imbuh Basuki.

Baca informasi lengkapnya di sini Libur Natal-Tahun Baru, Tol Japek II Selatan dan Solo-Yogya Beroperasi Fungsional

Masuknya investor swasta telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan masuknya investor swasta, telah dilakukan berbagai pembangunan infrastruktur.

Mulai dari pembangunan rumah sakit, hotel, kawasan perkantoran, area komersial, ritel, serta pusat pengembangan olahraga.

Dana yang diinvestasikan para investor swasta tersebut sangat besar, bahkan jumlahnya mencapai Rp 45 triliun.

“Berdasarkan laporan Otoritas Ibukota Negara (OIKN), besar investasi swasta yang masuk sejak bulan September hingga Desember 2023 adalah Rp 45 triliun,” ungkap Menteri Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Senin (20/11/2023).

Baca informasi lengkapnya di sini Periode September-Desember 2023, Investor Swasta Guyur Rp 45 Triliun untuk Bangun IKN

Progres pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap satu telah mencapai 55 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan hal ini saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com