Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jalan Daerah di Jawa Barat Beres Akhir Tahun 2023

Kompas.com - 07/11/2023, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Perbaikan jalan daerah di Provinsi Jawa Barat melalui Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah ditargetkan beres pada akhir tahun 2023.

"Semua selesai yang anggaran tahun ini paling lambat 31 Desember 2023," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian saat meninjau perbaikan jalan daerah di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Selasa (7/11/2023).

Penanganan jalan daerah di Jawa Barat pada tahun 2023 menelan anggaran sebesar Rp 520 miliar, dari total anggaran Inpres Jalan Daerah tahun 2023 mencapai Rp 14,6 triliun.

Penanganan Inpres Jalan Daerah di Jawa Barat dibagi menjadi 1A, 1B, dan 1C.

"Kalau 1C kan baru mulai jadi mungkin jadi 3 persen karena baru seminggu. Tapi kalau yang 1A itu ada yang sudah mencapai 80 persen, kalau 1B sekitar 50 persen," imbuh Hedy.

Baca juga: 29,84 Kilometer Jalan Daerah di Sumbar Diperbaiki, Progresnya 51 Persen

Pertimbangan penanganan jalan daerah adalah jalan yang menghubungkan pusat ekonomi rakyat atau jalan yang terdampak oleh adanya penanganan proyek besar seperti jalan tol.

Salah satu ruas yang diperbaiki adalah Jalan Cijelag-Batas Sumedang/Indramayu sepanjang 11 kilometer.

Total anggaran yang ditelan untuk perbaikan ruas jalan tersebut adalah sekitar Rp 48 miliar.

"Nanti kita lihat anggaran tahun depan, kita lihat spot yang enggak masuk penanganan tapi kondisinya sudah kurang bagus," tandas Hedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com