Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lunasi Utang Pembelian Jalan Layang MBZ, META Teken Pengambilbagian Saham dengan GIC dan MPTI

Kompas.com - 06/11/2023, 19:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Margautama Nusantara (MUN) yang merupakan anak usaha dari PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) di sektor jalan tol menandatangani perjanjian pengambilbagian saham dengan Warrington Investment Pte. Ltd. (WIPL) dan PT Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI), di Gedung Equity, Jakarta, Jumat (3/11/2023)

Head of Corporate Communication & CSR PT Nusantara Infrastructure Tbk Indah DP Pertiwi mengatakan, pengambilbagian saham ini bertujuan untuk menyelesaikan pelunasan utang pembelian Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ), yang diakuisisi pada Desember 2022.

WIPL merupakan perusahaan induk investasi yang dibentuk dan didirikan di Singapura yang juga merupakan anak perusahaan dari GIC Ventures, perusahaan di bawah naungan Kementerian Keuangan yang memiliki dan mengelola aset Pemerintah Singapura.

Baca juga: Eks-Dirut Tol Layang MBZ Jadi Tersangka Korupsi, Jasa Marga Buka Suara

Sementara itu, MPTI merupakan anak usaha tidak langsung dari Metro Pacific Tollways Corporation (MPTC) yang juga merupakan operator jalan tol terbesar di Filipina. Dalam hal ini, MPTI juga merupakan holding company dari META.

Sebagai informasi, pada penghujung tahun 2022, MUN resmi telah membeli 40 persen kepemilikan saham PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), pengelola Jalan Layang MBZ.

Infrastruktur ini dirancang sepanjang 38 kilometer yang merupakan salah satu jalur tol strategis di Indonesia yang memiliki peran penting dalam jaringan Jalan Tol Trans-Jawa, sekaligus sebagai solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas di jalur Jakarta-Cikampek.

Indah menambahkan, aksi korporasi ini diharapkan dapat semakin memperkuat kinerja keuangan perusahaan saat ini dan masa mendatang.

Baca juga: Jasa Marga: Penyebab Pecah Ban di Tol MBZ Tak Berasal dari Elemen Jembatan

Selain itu, sesuai dengan Laporan Informasi atau Fakta Material yang juga disampaikan oleh META, maka keterangan lebih lanjut mengenai dampak atas rencana penambahan modal MUN akan dijabarkan oleh Perseroan dalam Keterbukaan Informasi Transaksi Material dan Transaksi Afiliasi yang akan dilakukan bersamaan dengan Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com