Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.115 Rumah Subsidi Perumnas di Bandung Dapat Bantuan PSU

Kompas.com - 02/11/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.115 rumah bersubsidi di Perumahan Perumnas Samesta Pasadana di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat yang dibangun oleh Perum Perumnas mendapatkan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun bantuan PSU yang dibangun Kementerian PUPR untuk perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tersebut berupa jalan lingkungan, sistem penyediaan air minum dan prasarana, serta sarana persampahan.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengungkapkan hal ini dalam rilis, Kamis (2/11/2023).

"Kementerian PUPR melalui Ditjen Perumahan memberikan bantuan PSU untuk rumah bersubsidi untuk MBR di Perumahan Perumnas Samesta Pasadana di Kabupaten Bandung," kata Fitrah.

Fitrah mengungkapkan, pihaknya ingin Perumnas terus membangun rumah untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga: Dikasih Bantuan PSU, Ini Cerita Pengembang dan Konsumen Rumah Subsidi

"Sebagai bentuk dukungan Kementerian PUPR terhadap Perumnas, kami menyalurkan 100 persen bantuan PSU rumah bersubsidi yang dibangun sebagian besar sudah dihuni oleh masyarakat," tambah dia.

Sebagai informasi, pembangunan PSU di Perumahan Perumnas Samesta Pasadana sebanyak 1.115 unit dilaksanakan oleh Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa II Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

Dari hasil pengamatan di lapangan, saat ini sebagian besar rumah subsidi perumahan tersebut, jalan lingkungannya sudah di cor beton dan memiliki saluran drainase dan jaringan air bersih sedangkan unit pengelola persampahan juga sudah dibangun dan berfungsi dengan baik.

Pada tahun 2021 jumlah unit rumah bersubsidi Perumahan Perumnas Samesta Pasadana sebanyak 75 unit, 2022 sebanyak 715 unit dan 2023 sebanyak 325 unit.

Direktur Produksi Perum Perumnas Tri Hartanto menjelaskan, bantuan PSU di Perumahan Perumnas Samesta Pasadana dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 2021 lalu.

Menurutnya program PSU ini sangat bermanfaat untuk menekan harga rumah yang dibangun sekaligus membuat lingkungan perumahan bersubsidi menjadi bagus dan nyaman untuk ditempati oleh para penghuni.

Tri berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kementerian PUPR yang terus berkomitmen mewujudkan program perumahan yang layak dan terjangkau bagi masyarakat.

"Kami harap program PSU di Perumahan Perumnas Samesta Pasadana ini bisa menjadi percontohan bagaimana membangun rumah bersubsidi bagi pengembang," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com