Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus 2024, Headway Kereta di Stasiun Rangkasbitung Akan 2,5 Kali Lebih Cepat

Kompas.com - 31/10/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah sedang melaksanakan pekerjaan peningkatan Stasiun Rangkasbitung di Provinsi Banten.

Pengembangan stasiun tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan transportasi massal kereta api di wilayah aglomerasi Jabodetabek.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam sehari, sekitar 40.000 sampai 50.000 penumpang dari Banten dan sekitarnya menuju Jakarta.

"Artinya sekitar 15% penduduk di sekitar sini menggunakan kereta api untuk beraktivitas,"  ujarnya dikutip dari laman Kemenhub, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Tahun 2026, Velodrome-Manggarai Bakal Terhubung LRT Jakarta

Menurut dia, adanya peningkatan Stasiun Rangkasbitung akan semakin meningkatkan daya tampung, sehingga meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa kereta api yang jumlahnya kian meningkat.

"Pembangunannya sudah dimulai dan kita harapkan dapat diselesaikan pada tahun 2024 mendatang. Nantinya waktu tunggu kedatangan kereta (headway) juga akan semakin singkat, yang tadinya 15 menit menjadi 6 menit atau 2,5 kali lebih cepat," tandas Budi.

Pembangunan perluasan Stasiun Rangkasbitung Tahap I telah dimulai sejak tahun 2022 dan saat ini tengah dilakukan pembangunan Tahap 2 yang ditargetkan selesai pada Agustus 2024.

Sejumlah manfaat dari pembangunan ini di antaranya mempermudah aksesibilitas karena adanya integrasi dengan terminal dan tambahan akses masuk stasiun melalui sisi belakang.

Kemudian, meningkatkan kapasitas stasiun dari 38.000 penumpang/hari menjadi 83.000 penumpang/hari, serta meningkatkan aspek keselamatan dengan menghilangkan passenger crossing dan penutupan perlintasan sebidang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com