Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk saat ini sedang mengerjakan tiga proyek monumental di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Mulai dari Kantor Presiden, Istana Negara, dan Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang ditargetkan akan selesai pada 2024.

Sekretaris PP Bakhtiyar Effendi memastikan hal ini dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/10/2023).

"Saat ini, progres proyek Kantor Presiden mencapai 47,9 persen, Istana Negara mencapai 31,76 persen, dan Kantor Kemensetneg mencapai 31,44 persen," jelas Bakhtiyar.

Bahkan, kata Bahktiyar, beberapa proyek IKN seperti Istana Negara dan Lapangan Upacara ditargetkan dapat digunakan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Baca juga: Status PKPU PP Dicabut Pasca-gugatan CV Surya Mas

Sejauh ini, PP dipercaya menggarap 30 Proyek Strategis Nasional (PSN). Dari jumlah tersebut, 10 PSN telah rampung dikerjakan, sedangkan 20 lainnya masih dalam tahap pembangunan.

Apabila dibagi dalam sektornya, 37 persen PSN yang dikerjakan perseroan merupakan bendungan.

Lalu, 26 persen dari jalan tol, 13 persen merupakan proyek fasilitas prasarana transportasi (bandara dan pelabuhan), sisanya terdiri atas proyek pos lintas batas, engineering, procurement, and construction (EPC), dan infrastruktur lainnya.

Menurut Direktur Utama PP Novel Arsyad, PSN yang dikerjakan PP merupakan proyek yang berdampak besar terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat dan meningkatkan daya saing Indonesia.

"Proyek jalan tol, bandara dan pelabuhan misalnya, merupakan infrastruktur yang mampu meningkatkan konektivitas antar daerah dan menurunkan biaya logistik nasional," kata Novel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com