Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PP Garap 3 Proyek Monumental di IKN, Begini Progres Terbarunya

Mulai dari Kantor Presiden, Istana Negara, dan Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang ditargetkan akan selesai pada 2024.

Sekretaris PP Bakhtiyar Effendi memastikan hal ini dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/10/2023).

"Saat ini, progres proyek Kantor Presiden mencapai 47,9 persen, Istana Negara mencapai 31,76 persen, dan Kantor Kemensetneg mencapai 31,44 persen," jelas Bakhtiyar.

Bahkan, kata Bahktiyar, beberapa proyek IKN seperti Istana Negara dan Lapangan Upacara ditargetkan dapat digunakan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Sejauh ini, PP dipercaya menggarap 30 Proyek Strategis Nasional (PSN). Dari jumlah tersebut, 10 PSN telah rampung dikerjakan, sedangkan 20 lainnya masih dalam tahap pembangunan.

Apabila dibagi dalam sektornya, 37 persen PSN yang dikerjakan perseroan merupakan bendungan.

Lalu, 26 persen dari jalan tol, 13 persen merupakan proyek fasilitas prasarana transportasi (bandara dan pelabuhan), sisanya terdiri atas proyek pos lintas batas, engineering, procurement, and construction (EPC), dan infrastruktur lainnya.

"Proyek jalan tol, bandara dan pelabuhan misalnya, merupakan infrastruktur yang mampu meningkatkan konektivitas antar daerah dan menurunkan biaya logistik nasional," kata Novel.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/10/26/190000421/pp-garap-3-proyek-monumental-di-ikn-begini-progres-terbarunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke