Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Ingin Tiru Pembiayaan Perumahan ala Korsel

Kompas.com - 24/10/2023, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) melaksanakan studi banding dengan Korea Housing & Urban Guarantee Corporation (HUG), Korea Selatan (Korsel), pada 10 Oktober 2023-14 Oktober 2023.

Studi banding ini dilakukan dalam rangka memperkaya literasi dan pemahaman skema pembiayaan perumahan yang diaplikasikan di negara lain.

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera Eko Ariantoro menjelaskan, tujuan kunjungan tersebut adalah mendapatkan pemahaman lebih komprehensif mengenai mekanisme dan ekosistem pembiayaan perumahan dari insititusi yang bergerak di bidang perumahan serta kerangka pengawasan oleh supreme audit di negara lain, khususnya di Korea.

"Banyak praktik-praktik sukses terkait pembiayaan perumahan yang diterapkan di Republik Korea didukung oleh Korea HUG. Kami sangat terkesan dengan evolusi peran Korea HUG dalam ekosistem pembiayaan perumahan yang dibangun,” ujar Eko dalam rilis, Senin (23/10/2023).

Eko berharap, diskusi dan sharing pemahaman terkait dengan model bisnis di kedua belah pihak ini dapat mengeksplorasi pemahaman yang lebih dalam mengenai ekosistem pembiayaan perumahan di Korsel.

Baca juga: Soal Jumlah Insinyur, Indonesia Kalah dari Korsel dan Vietnam

Ini khususnya atas Pengelolaan Dana Perumahan Nasional yang berlaku di Korsel yang selanjutnya dapat dikembangkan dan diterapkan oleh BP Tapera di Indonesia.

Kunjungan ini menghasilkan berupa tawaran kerjasama Knowledge Sharing Program (KSP) yang disampaikan Korea HUG.

Korea HUG menawarkan program KSP secara cuma-cuma melalui fasilitasi Kedutaan Besar Republik Korea di Jakarta dan Kedutaan Besar Indonesia di Korea sebagai bentuk program Government to Government (G2G) antara Indonesia dengan Republik Korea.

Republik Korea atau yang sebelumnya lebih dikenal dengan Korea Selatan telah menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia selama 50 tahun.

Vice President dari Korea HUG Byoung Hoon Lee menyampaikan, Korea HUG mengelola pembiayaan perumahan dengan National Housing & Urban Fund (NHUF) yang mengatur tentang Regulasi batas harga, sistem pra-penjualan, dan garansi pembiayaan perumahan bagi warga Republik Korea. 

Lanjutnya, Byoung menuturkan, HUG terus melakukan pertukaran dan kerja sama dengan Badan Pemerintah Indonesia dan organisasi terkait untuk mengatasi kekurangan perumahan dan menstabilkan pasar perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com