Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tahun Mengudara, Waskita Beton Punya Deretan Produk Unggulan

Kompas.com - 16/10/2023, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama sembilan tahun, PT Waskita Beton Precast Tbk atau WSBP telah menyuplai berbagai produk untuk proyek infrastruktur di Indonesia.

Mulai dari spun pile, girder (PC-I, PC-T, PC-U, Box), CCSP, tetrapod, readymix, square pile, u-ditch dan produk lainnya.

Tidak hanya itu, perusahaan juga menciptakan inovasi produk seperti spun pile berdiameter 1,2 meter dan panjang 5 meter (merupakan produk spun pile pertama di Indonesia dan Asia Tenggara), dan tiang listrik beton.

Kemudian, bantalan rel kereta api tipe 1067 dan 1435, Penampang PC-I girder menjadi Semi T Girder, Pretensioned Spun High Strength Concrete (PHC).

Baca juga: Kontrak Eksternal Waskita Beton Melejit 212 Persen, 80 Persen Swasta

Seluruh produk precast ini diproduksi di sembilan precast plant WSBP yang saat ini memiliki total kapasitas produksi sebesar 3,7 juta ton per tahun.

Ada juga untuk bangunan rumah tapak tipe RISHA Modifikasi (Tipe 36), Bangunan rumah tapak tipe rumah precast (Tipe 36), SPRigWP, facade precast, lining menggunakan fly ash, lining menggunakan fly ash + fiber, mortar foam, fast concrete, beton fiber, beton porous, joint balok kolom, rumah modular prefabikasi, dan lainnya.

VP of Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto mengatakan, kualitas infrastruktur yang WSBP bangun berawal dari ide dan inovasi produk yang dikembangkan.

"Hingga akhirnya lahir sebagai produk precast dan readymix yang siap mendukung pembangunan infrastruktur,” ujar Fandy dalam keterangan tertulis, Senin (16/10/2023).

Dari beragam jenis produk dan inovasi produk yang dikembangkan WSBP untuk menyuplai proyek infrastruktur sejak tahun 2014 hingga September 2023, tercatat jumlah penjualan produk spun pile lebih dari 2 juta batang dan PC-I girder dengan angka penjualan lebih dari 13.000 batang.

“Produk spun pile menjadi yang tertinggi atau banyak disuplai untuk proyek-proyek," kata Fandy.

Penjualan produk lainnya yang banyak disuplai dalam jangka waktu 9 tahun terakhir antara lain full slab, CCSP, tetrapod, barrier, lining, PC-U girder, dan u-ditch.

Tidak hanya dari produk precast, beton cair atau readymix, WSBP juga menjadi produk andalan yang digunakan untuk berbagai proyek, dengan volume total penjualan lebih dari 16 juta meter kubik.

Menurutnya, angka penjualan produk ini lebih tinggi dibandingkan produk precast perusahaan. 

Readymix ini kami produksi di batching plant yang tersebar di Indonesia maupun batching plant di dalam precast plant WSBP untuk mendukung produksi produk beton precast,” tambah Fandy.

Adapun mutu readymix yang diproduksi oleh WSBP mulai dari K-100 hingga K-1000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com