Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur di Bekasi Paling Lengkap, Harga Properti Terus Naik

Kompas.com - 02/10/2023, 15:21 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Bekasi kini tak lagi menjadi halaman belakang Jakarta, melainkan telah tumbuh menjadi kawasan dengan infrastruktur paling lengkap.

Kawasan mana di Indonesia yang memiliki infrastruktur dan akses selengkap Bekasi? Ada Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Jalan Tol Layang MBZ, Jalan Tol Becakayu, KRL Commuter Line, KA Jarak Jauh, LRT Jabodebek, serta terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Sementara itu, masih terdapat satu infrastruktur lagi yang tengah dibangun dan melintasi Bekasi, yakni Jalan Tol Japek II Selatan.

Dengan adanya beragam infrastruktur tersebut, tentu akan memengaruhi harga properti dan lahan di kawasan Bekasi.

Berdasarkan Flash Report Rumah123 bulan September 2023, Bekasi menjadi wilayah dengan harga rumah tahunan tertinggi di Jabodetabek, yakni 5,8 persen.

Sejak Januari 2023, tren peminatan rumah jual di Bekasi juga mengalami peningkatan. Hingga Agustus 2023, permintaan rumah jual tercatat sebesar 82,5 persen.

Pertumbuhannya terbilang signifikan jika dibandingkan dengan Juli 2023 lalu yaitu 72,8 persen untuk rumah jual.

Baca juga: Rumah di Lima Kecamatan Bekasi Paling Banyak Dicari

Menurut Pakar Properti sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya, Bekasi merupakan daerah yang sudah matang.

Karena pengembangan properti di sana relatif sudah sangat masif, khususnya di wilayah perkotaan dan sekitarnya. Hal itu dampak dari terhubungnya jalan tol.

Kendati demikian, tetap ada perbedaan antara wilayah yang hanya dilintasi dengan wilayah yang tersedia akses terhadap sarpras infrastruktur tersebut.

"Jalan tol harus ada exit entry, kereta cepat dekat dengan area stasiun pemberhentian, area-area tersebut yang akan mendapat percepatan pertumbuhan, kalau hanya dilalui saja tapi tidak ada pemberhentiannya benefit yang didapat relatif kecil," jelasnya kepada Kompas.com, Senin (02/10/2023).

Lanjut Bambang, sejauh ini harga properti di Bekasi sangat variatif. Untuk perumahan, harganya sudah di atas Rp 10 juta per meter persegi.

Bahkan untuk pengembangan perumahan yang premium sudah di atas Rp 20 juta-Rp 30 juta per meter persegi.

"Harga tanah di area komersial bisa mencapai Rp 30 jutaan per meter persegi. Tapi kalau area yang belum terdevelop ya masih murah, ada yang cuma ratusan ribu (per meter persegi)," tandasnya.

Kini dengan beroperasinya LRT Jabodebek, area-area yang dekat dengan stasiun pasti akan mengalami kenaikan harga properti yang signifikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com