Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seksi Pamungkas Tol Serpong-Cinere Siap Tersambung Tol Krukut-Limo

Kompas.com - 29/09/2023, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seksi pamungkas dari Jalan Tol Serpong-Cinere yakni Pamulang-Cinere akan beroperasi dalam waktu dekat.

Nantinya, main road (jalan utama) Tol Pamulang-Cinere, tepatnya di Km 35+250, akan tersambung dengan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Krukut-Limo.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya atau CSJ Mirza Nurul Handayani dalam siaran resmi, Jumat (29/9/2023).

"Dengan tersambungnya jalan tol dimaksud, pengguna jalan yang akan keluar di Limo ataupun menerus menuju Jagorawi akan melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Limo yang akan dioperasikan oleh TLKJ (PT Translingkar Kita Jaya)," ungkap Mirza.

Baca juga: Jika Seksi Pamungkas Cijago Rampung, Tol Pamulang-Cinere Bisa Beroperasi

Dia mengungkapkan, dioperasikannya Tol Pamulang-Cinere ini, maka Jalan Tol Serpong-Cinere akan beroperasi penuh, melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada tahun 2021.

Dengan tersambung penuh, maka pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Depok-Antasari atau Desari) dapat dengan mudah dan cepat mengakses Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

"Kami optimistis volume kendaraan yang melalui Tol Serpong-Cinere juga akan meningkat,” ujar Mirza.

Mirza menambahkan, konstruksi untuk Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah rampung 100 persen sejak akhir 2021 lalu.

Sementara uji laik fungsi telah dilakukan pada Mei 2022 serta telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada September 2023.

Target jadwal pengoperasian jalan tol ini juga menyesuaikan dengan beroperasinya Tol Cijago Seksi 3B Ruas Krukut-Limo dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com