Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menghilangkan Penyakit Busuk Akar pada Lidah Mertua

Kompas.com - 29/09/2023, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena termasuk golongan sukulen, tanaman lidah mertua (snake plant) dapat mengontrol kelembaban tubuhnya sehingga tidak perlu disiram setiap hari.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan informasi ini sehingga membuat lidah mertua bisa terserang penyakit.

Salah satu penyakit yang kerap menyerang lidah mertua adalah busuk akar. Bila tidak tertangani, penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada tumbuhan.

Seperti dikutip dari House Digest, beberapa gejala penyakit yang dialami antara lain daun bertepi coklat dan berujung, daun layu atau terkulai, dan tampilan daun yang kusam.

Hal ini disebabkan akar tanaman tersedak akibat pembusukan dan tidak dapat menyerap nutrisi atau oksigen.

Baca juga: 4 Tanda Tanaman Lidah Mertua Sedang Sakit”

Ketika tanaman lidah mertua di rumah Anda terpantau sedang diserang penyakit busuk akar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut tanaman tersebut dari pot.

Setelah bersihkan tanah yang masih menempel pada bagian akar. Kemudian, cuci akar di bawah aliran air keran untuk menghilangkan tanah yang terinfeksi.

Pastikan volume air yang mengalir dari keran tidak terlalu kuat agar tidak merusak bagian akar yang sensitif.

Baca juga: Pilihan Pot Terbaik untuk Tanaman Lidah Mertua

Kemudian, ambil gunting dan potong semua akar yang busuk. Pastikan tidak ada akar busuk yang tertinggal karena sekecil apapun bagian tersebut dapat mempengaruhi akar yang sehat.

Bila ingin kembali menggunakan pot lama, bersihkanlah dengan cara merendamnya dalam larutan air hangat yang dicampur dengan sabun cair

Setelah itu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang berisi tanah baru. Berhati-hatilah untuk tidak menambahkan terlalu banyak pupuk karena kondisi akar masih sangat sensitif.

Awasi dengan seksama pertumbuhan tanaman lidah mertua tersebut dan berhati-hatilah agar tidak menyiramnya secara berlebihan.

Cegah pembusukan akar di kemudian hari dengan menyiramnya minimal 1 kali seminggu. Pastikan juga pot tanaman memiliki lubang drainase yang memadai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com