Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Penerapan Konstruksi Digital di MRT Jakarta Fase 2A

Kompas.com - 09/09/2023, 08:23 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam pembangunan fase 2A, PT MRT Jakarta (Perseroda) berinovasi dan berkomitmen melakukan transformasi digital melalui pengembangan Digital Costruction and Sustainability Road Map.

Salah satunya melalui penerapan Building Information Modelling (BIM) yang diharapkan membantu efisiensi anggaran, mengurangi risiko pekerjaan, sekaligus menyederhanakan koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan.

"Dengan implementasi BIM ini, kita dapat mengurangi masalah di lapangan serta mengambil keputusan dengan cepat terkait konstruksinya," ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat saat membuka MRT Jakarta Innovation Day 2023, Selasa (05/08/023) di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, dikutip dari laman MRT Jakarta.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Weni Maulina, menjelaskan lebih detail terkait penerapan BIM dalam pembangunan fase 2A.

Pihaknya belajar dari konstruksi fase 1 bahwa design drafting yang masih dikerjakan secara manual menggunakan CAD sehingga tak bisa dikatakan proses pekerjaannya tidak otomatis.

"Selain itu, kesulitan berikutnya muncul saat proses pemeliharaan dan perawatan setiap aset karena data yang masih tersebar," imbuhnya.

Lantas, bagaimana BIM diterapkan dalam pembangunan MRT Jakarta Fase 2? Baca informasi lengkapnya di sini Proyek MRT Jakarta Fase 2A Pakai Teknologi Konstruksi Digital, Seperti Apa?

Saat ini, jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yang menghubungkan kawasan Metropolitan Jabodetabek sudah beroperasi sebagian.

Pemerintah menargetkan, jalan tol yang memiliki 6 ruas ini bisa tersambung penuh pada akhir tahun 2023 nanti.

Target yang dipasang cukup rasional mengingat sebagian sudah beroperasi penuh dan beberapa masih dalam konstruksi tahap akhir.

"Kita sambungkan JORR 2 akhir tahun ini," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian di Gedung DPR RI, Jakarta pada Rabu (06/09/2023), dikutip dari Antaranews.

Hal senada juga tersaji di dalam unggahan akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Kamis (07/09/2023).

Menurut penuturan BPJT, jaringan Jalan Tol JORR 2 ditargetkan selesai konstruksi dan tersambung semuanya pada akhir tahun 2023.

Daftar enam ruas yang menjadi bagian jaringan Jalan Tol JORR 2 bisa Anda baca di sini Sudah Beroperasi Sebagian, Kapan Tol JORR 2 Tersambung Penuh?

Ruang tamu merupakan ruang pertama yang akan dilihat saat Anda atau orang lain masuk ke dalam rumah.

Karena itu, banyak orang yang menginginkan susana ruang tamu di rumahnya terlihat lebih mewah dan elegan.

Untuk menciptakan kesan mewah, banyak hal yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan banyak dana.

Berikut beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk memberikan sentuhan kemewahan di ruang tamu Cara Bikin Ruang Tamu di Rumah Anda Terlihat Mewah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com