Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Spot Wisata Baru di Kalbar, Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu

Kompas.com - 05/09/2023, 10:02 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang melakukan penataan Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu sebagai destinasi wisata baru di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan kawasan itu merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mendorong serta memberdayakan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan.

Khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya.

"Penataan kawasan seperti ini bukan hanya dilakukan pada permukiman di bantaran sungai, namun juga di tempat lain seperti permukiman di dekat tempat pembuangan sampah ataupun kampung padat penduduk di perkotaan," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (05/09/2023).

Baca juga: Pesisir Selatan Kota Tual Maluku yang Kumuh Disulap Jadi Waterfront City

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalbar Deva Kurniawan mengatakan, penataan Kawasan Waterfront tersebut dimulai sejak akhir Februari 2023 dengan biaya sebesar Rp 27,25 miliar.

"Progres pekerjaan saat ini sudah mencapai 35,3% dengan target penyelesaian pada Desember 2023," katanya.

Pekerjaan penataan Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar Kementerian PUPR bersama PT Rancang Bangun Mandiri-PY Riefna Karya Banguns Spesialis, KSO, selaku kontraktor pelaksana.

Lingkup pekerjaannya berupa pembangunan Plaza, Taman dan Waterfront, Tangga Tribun, Pedestrian dan drainase, Tempat Parkir, Patung Arwana, Street Furniture, Toilet dan Menara Air, Fitness Outdoor, Dermaga, dan Tempat Pembuangan sampah..

Baca juga: Mengintip Pantai Marina Labuan Bajo, Waterfront yang Diklaim Terbaik di Dunia

Dikatakan Deva, Kawasan Taman Alun Putussibau-Kapuas Hulu merupakan, tempat yang strategis bagi masyarakat Putussibau dan sekitarnya untuk meluangkan waktunya di sore hari dan malam hari serta di hari libur bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Lokasinya tepat di bawah samping Jembatan Kapuas Putussibau, dan sangat strategis karena berdekatan dengan tepian Sungai Kapuas.

"Di Taman Alun Putussibau-Kapuas Hulu ini, juga akan disediakan berbagai sarana taman seperti Gazebo, kursi taman, arena bermain anak dan ada pujasera yang menjajakan macam-macam kuliner," kata Deva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com