Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gate Selatan Stasiun Gambir Hanya Layani "Boarding" Pengenalan Wajah

Kompas.com - 01/09/2023, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melalui KAI Daop 1 Jakarta mengimbau pelanggan segera mendaftarkan layanan Face Recognition.

Pendaftaran ini dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, atau langsung mendatangi petugas di Gate Selatan Stasiun Gambir.

Sebab, mulai 1 September 2023, Gate Selatan Stasiun Gambir hanya melayani Boarding Face Recognition. Untuk manual, akan dilayani di Gate Utara Stasiun Gambir.

Mengutip laman KAI, Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding di area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera.

Baca juga: Begini Cara Registrasi Face Recognition di Stasiun Gambir

Tujuannya, mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan tiket milik penumpang pada sistem boarding KAI.

Dengan begitu, proses boarding makin praktis karena pelanggan cukup memindai wajah melalui Face Recognition Gate dan tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti print tiket.

Saat ini, terdapat empat unit mesin Face Recognition di Gate Selatan Stasiun Gambir.

Pendaftaran cukup sekali dan berlaku untuk seterusnya termasuk saat berada di stasiun lain yang sudah memiliki fasilitas Face Recognation Boarding Gate seperti Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, dan Solo Balapan.

Bagi pelanggan KA yang sudah pernah menggunakan layanan serupa di stasiun-stasiun tersebut, tidak perlu melakukan registrasi lagi.

Penerapan Face Recognition Boarding Gate diharapkan semakin memudahkan pelanggan dalam melakukan perjalanan.

Karena, proses boarding akan jauh lebih cepat, praktis dan tidak memerlukan verifikasi berkas manual.

Sejumlah hal tersebut diyakini akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati seluruh proses perjalanan menggunakan kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com