Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Proyek Flyover Djuanda Senilai Rp 332 Miliar Beres Tahun 2024

Kompas.com - 19/08/2023, 12:49 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang melaksanakan Flyover Djuanda yang sebelumnya bernama Flyover Aloha di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Perubahan nama Flyover Aloha menjadi Djuanda sebagai upaya menghormati jasa Pahlawan Nasional Djuanda Kartawidjaja, pencetus Deklarasi Djuanda tahun 1957 dan penggagas pembangunan bandara internasional di Jawa Timur.

Keberadaan Flyover Djuanda akan mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas di simpang tiga Bangah-Aloha, sekaligus memperlancar arus lalu lintas di pelintasan sebidang rel kereta api di Jalan Akses Bandara Juanda.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien.

Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (18/08/2023).

Lantas, berapa progres proyek Flyover Djuanda ini? Baca selengkapnya di sini Beres Tahun 2024, Ini Progres Flyover Djuanda Senilai Rp 332 Miliar

Kementerian PUPR tidak akan memulai proyek infrastruktur baru hingga tahun 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan fokus menyelesaikan proyek yang sudah dimulai.

"Jadi untuk menuntaskan pekerjaan-pekerjaan yang tahun jamak yang mulai sekarang, tapi tidak untuk memulai yang baru, kecuali loan. Kalau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diprioritaskan untuk menuntaskan pekerjaan," ucap Basuki saat ditemui usai Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan Tahun Anggaran 2024 di Jakarta pada Rabu (16/8/2023).

Namun demikian, Basuki tidak menutup kemungkinan proyek baru akan dilaksanakan, apabila ada mandat langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Makanya menuntaskan atau OPOR, Operasi Pemeliharaan Optimalisasi dan Rehabilitasi, bukan baru, kecuali perintah Presiden," imbuh Basuki.

Selain itu, Basuki juga optimis bisa merampungkan seluruh Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun depan.

Untuk mengetahui PSN sektor jalan dan jembatan apa yang dipastikan rampung tahun 2024 mendatang, Anda bisa membaca informasinya di sini  Tak Ada Proyek Infrastruktur Baru hingga 2024

Pelanggan kereta api yang singgah di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng kini bisa memanfaatkan fasilitas Luxury Lounge KAI yang terbaru.

Fasilitas tersebut bernama Premiere Heritage Lounge dan telah diresmikan bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 RI pada Kamis (17/08/2023) lalu.

Dikutip dari laman KAI, Premiere Heritage Lounge merupakan salah satu Luxury Lounge KAI yang dikelola bekerjasama dengan WIRA, anak perusahaan dari Premiair Group yang telah berpengalaman serta bersertifikat internasional dalam pelayanan VIP untuk penerbangan privat baik domestik maupun internasional.

Premiere Heritage Lounge diharapkan dapat memberikan pengalaman lebih spesial lagi kepada para pelanggan, dengan akses drop off langsung ke lounge dari area parkir dan akses boarding secara privat.

Fasilitas lainnya yang disediakan di luxury lounge ini bisa Anda baca lewat tautan berikut  Kini Ada Fasilitas Luxury Lounge di Stasiun Semarang Tawang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com