Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMS, Arena Multifungsi Kelas Dunia yang Sarat Fasilitas Canggih

Kompas.com - 07/08/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, menyediakan kursi penonton khusus difabel.

Terhitung ada 32 kursi penonton difabel di Indonesia Arena yang tersebar di empat sisi. Kursi penonton difabel berwarna putih dan bisa dilipat.

Area di sekitar kursi penonton difabel dibuat lebih luas untuk memberikan ruang gerak bagi pengguna kursi roda.

Terdapat pula signage berwarna biru bergambar kursi roda sebagai simbol akses difabel internasional di lantai area kursi penonton difabel tersebut.

Baca juga: IMS di GBK Jadi Sarana Olahraga Indoor Terbesar Se-Indonesia

Selain itu, Indonesia Arena juga menyediakan lift, eskalator dan toilet khusus difabel untuk semakin memudahkan seluruh kalangan pengguna gedung.

Fakta menarik berikutnya dari stadion yang dianggap berkelas dunia oleh para pengunjung ini memiliki tiga tribun yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati pertandingan.

Tribun tier 1 menggunakan sistem teleskopik sehingga luas lapangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan tribun tier 2 dan 3 merupakan tribun permanen.

Stadion juga dilengkapi dengan skybox yang merupakan tribun khusus atau ruang privasi bagi para tamu VIP, VVIP atau tamu kenegaraan.

Baca juga: Jadi Penggebuk Drum di IMS, Basuki Nilai Sound System Masih Kurang Oke

Fasilitas mumpuni lain di Indonesia Arena, meliputi jumbotron di bagian tengah, ruang konfrensi pers, ruang media, ruang pelatih, ruang ganti, kamar mandi, lounge, hingga musala.

Stadion ini juga memiliki dua lapangan latihan untuk mengakomodasi keperluan atlet saat melakukan pemanasan atau ketika latihan sebelum bertanding.

Sebagai informasi, stadion multifungsi ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (7/8/2023).

Jokowi menyebut pembangunan Indonesia Arena menelan dana sebesar Rp 640 miliar dengan waktu pembangunan yang cukup cepat, yakni sekitar 18 bulan, terhitung sejak tahun 2021.

"Hari ini kita telah memiliki yang namanya Indonesia Arena. Sebuah stadion dengan kapasitas 16.000 penonton kurang lebih," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Blok 10, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Indonesia Arena atau Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Blok 10, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.
Meski awalnya dibangun untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, Indonesia Arena dapat dimanfaatkan untuk sarana olahraga selain basket, seperti voli, bulutangkis, tenis, MMA, atletik, dan lain-lain.

Indonesia Arena juga dapat difungsikan untuk sarana non-olahraga seperti konser, rapat, konvensi, maupun pameran.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com