Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Selamanya Berbahaya, Boraks Ternyata Bisa Digunakan untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 05/08/2023, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama natrium borat alias boraks dalam beberapa tahun terakhir mendapatkan stigma negatif dari masyarakat lantaran disalahgunakan sebagai pengawet makanan.

Namun demikian, tahukah Anda boraks ternyata pernah populer sebagai bahan pembersih rumah tangga lho.

Memiliki tampilan bubuk putih kering, bahan kimia ini bisa dengan mudah Anda peroleh serta lebih murah dari pembersih komersial yang dijual di pasaran. 

Seperti dikutip dari laman How Stuff Works, untuk menggunakan boraks, buatlah dalam bentuk larutan. Cukup campurkan setengah cangkir bubuk boraks ke dalam dalam 1,5 cangkir air panas.

Baca juga: Ingat! Ini 5 Hal yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Cuka

Setelah itu, biarkan dingin dan campurkan larutan boraks tersebut dengan 1 sendok teh sabun cuci piring dan 4 sendok teh cuka. Isi campuran larutan tersebut ke dalam botol semprot.

Larutan boraks tersebut bisa digunakan pada berbagai permukaan dan terbukti dapat menyingkirkan noda air dan noda membandel lainnya. 

 

Anda dapat membersihkan berbagai hal seperti wastafel, bak mandi, bahkan pancuran.Gunakan juga larutan boraks untuk membersihkan karpet dan furnitur di luar ruangan.

Baca juga: Gampang dan Murah! Basmi Jamur di Rumah Hanya Dengan Cuka

 

Larutan boraks yang dicampur dengan air perasan lemon juga efektif untuk menghilangkan karat pada furnitur atau peralatan dapur. 

Campuran larutan boraks dan air perasan lemon juga membantu menghilangkan bau tak sedap di rumah. Misalnya pada tempat sampah, rak sepatu bahkan kamar mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com