Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal Tunggu SLO, Ruas Tol Probolinggo Timur–Gending Siap Beroperasi

Kompas.com - 20/07/2023, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak perusahaannya, PT Transjawa Paspro Jalan Tol (TPJT) tengah menyiapkan pengoperasian Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro) Seksi Probolinggo Timur–Gending.

Dilansir dari keterangan resmi, Rabu (19/7/2023), ruas tol sepanjang 8,57 kilometer ini sudah menyelesaikan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada 22-23 Mei 2023 lalu.

Saat ini, Tol Paspro Seksi Probolinggo Timur-Gending sedang menunggu keputusan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Sehingga, ruas jalan tol ini ditargetkan dapat beroperasi pada triwulan ketiga tahun 2023.

Director of Control & QHSE, Mokh. Sadali menyampaikan, kegiatan ULF dan ULO dilaksanakan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan sudah sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik.

Jika sudah beroperasi penuh, ruas tol ini tentu akan memangkas waktu tempuh dari Pasuruan menuju Gending.

Lokasinya yang strategis dapat memudahkan akses menuju area pariwisata nasional, seperti Gunung Bromo, Tengger, Semeru (BTS), serta menyambungkan berbagai wilayah di Jawa Timur.

Baca juga: Mulai 19 Juli, Tol Bengkulu-Taba Penanjung Ditutup Sementara

"Kami berharap adanya pengoperasian tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan masyarakat, serta dapat memajukan perekonomian penduduk sekitar," ucap Sadali.

Selain itu, Waskita melalui PT Trans Jabar Tol (TJT) juga telah melaksanakan ULF dan ULO untuk Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi Cigombong–Cibadak sepanjang 11,9 kilometer pada 3-4 Juli 2023.

Saat ini, progres keseluruhan Seksi Cigombong–Cibadak yang berkaitan dengan pengoperasian telah selesai, dan diharapkan dapat beroperasi serta bertarif pada bulan Agustus 2023.

Ruas Tol Cigombong–Cibadak menjadi alternatif penghubung jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa di wilayah Jawa Barat.

"Pengoperasian kedua ruas baru tersebut merupakan bentuk kontribusi langsung dari WTR dalam meningkatan konektivitas antar-daerah," tandas Sadali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com