Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Sebut Palembang Jadi Pionir Integrasi Antar-moda

Kompas.com - 18/07/2023, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, Kota Palembang di Sumatera Selatan menjadi pionir integrasi antar-moda di Indonesia.

Integrasi transportasi ini terdiri dari moda angkutan udara, jalan, laut, sungai hingga kereta api.

"Keberhasilan inisiatif yang inovatif di Kota Palembang memberikan contoh dan inspirasi bagi daerah lain untuk lebih mengembangkan sistem transportasi yang efisien, nyaman, dan terintegrasi," ucap Menhub, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (18/7/2023).

Selain itu, pembangunan infrastruktur transportasi dan peningkatan layanan angkutan umum massal di Kota Palembang semakin memberikan keamanan serta kenyamanan bagi masyarakat, khususnya bagi perempuan.

Pengembangan transportasi ini turut mendukung para pelaku UMKM karena tarifnya yang terjangkau.

"Naik transportasi umum di Kota Palembang sekarang lebih mudah, murah, dan aman," imbuh Menhub.

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, Kapan Mulai Lagi?

Menhub memberikan contoh, salah satunya adalah LRT Palembang yang menyediakan banyak petugas penjaga hingga kamera pengawas di setiap stasiun untuk mendukung keamanan pengguna jasa.

Tak hanya LRT Palembang, dukungan angkutan massal terintegrasi lainnya yaitu layanan angkutan umum perkotaan (angkot) pengumpan dan Bus Trans Musi dengan skema Buy the Service (BTS).

Pemerintah juga memberikan dukungan prasarana transportasi, seperti dermaga 16 Ilir dan 7 Ulu yang terintegrasi dengan Trans Musi dan LRT Palembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com