Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarinah dan Airmas Asri Sabet Penghargaan Internasional IPA 2023

Kompas.com - 27/06/2023, 05:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarinah dan Airmas Asri sabet penghargaan sebagai karya arsitektur fungsi campuran atau best mixed use architecture Indonesia di ajang International Property Awards (IPA) 2023.

Penghargaan bergengsi ini mengakui kontribusi luar biasa Sarinah dan Airmas Asri terhadap lanskap arsitektur dan komitmen untuk memberikan pengembangan campuran inovatif dan berkelanjutan.

Baca juga: Sarinah Bakal Jadi Pengelola Area Retail di Stasiun KCJB

International Property Awards dikenal secara global sebagai simbol keunggulan dalam industri properti dan real estat.

Penghargaan ini memberikan tingkat prestasi tertinggi untuk beberapa kategori. Setiap tahunnya, panel independen dari para ahli menilai kualitas, desain, dan inovasi proyek-proyek arsitektur dari seluruh dunia.

Outdoor seatingSarinah Outdoor seating
Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengungkapkan rasa bangganya menerima penghargaan International Property Awards ini sebagai pengakuan atas kerja keras dan dedikasi tim Sarinah dan Airmas dalam menciptakan pembangunan inovatif dan berkelanjutan.

Dalam pembangunan proyek transformasi Sarinah, fokus utama adalah melestarikan bangunan Sarinah yang merupakan cagar budaya, dengan desain arsitektur dikembalikan ke bentuk aslinya.

Baca juga: Baru 5 Bulan Beroperasi, Sarinah Dikunjungi Hampir 6 Juta Orang

"Transformasi ini mengembalikan fungsi Sarinah sebagai tujuan utama untuk berbelanja dan mempromosikan produk lokal, serta berperan sebagai oasis perkotaan tempat komunitas dapat bersantai, berinovasi, dan menjadi pusat kreativitas lokal,” ujar Fetty dalam keterangan kepada Kompas.com, Senin (26/6/2023).

Reflecting pondSarinah Reflecting pond
Proyek Transformasi Sarinah berhasil memperlihatkan dedikasi Sarinah dan Airmas Asri untuk menciptakan ruang yang dinamis yang mengintegrasikan elemen komersial, rekreasi, budaya dan transformasi secara baik.

Arsitektur yang dihadirkan di Sarinah menggabungkan nilai-nilai lokal Indonesia, sustainability, dan kebutuhan pelanggan dengan desain gedung yang modern.

Baca juga: Cerita Erick Thohir Saat Cetuskan Renovasi Sarinah, Tidak Ada yang Percaya

"Sehingga proyek ini tidak hanya mencerminkan keindahan estetika, tetapi juga menjaga kesesuaian dengan lingkungan sekitarnya," ucap Fetty.

Direktur PT Airmas Asri Ardi Jahya menambahkan, penghargaan ini adalah hasil dari kolaborasi yang erat antara Sarinah dan Airmas, yang memadukan keahlian arsitektur dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pasar.

AmphitheaterSarinah Amphitheater
"Kami senang bahwa visi dan inovasi kami diakui oleh International Property Awards, dan kami akan terus berusaha untuk menghadirkan proyek-proyek yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar," cetus Ardi.

Baca juga: Mengenal Airmas Asri, Arsitek di Balik Transformasi Sarinah

Sarinah dan Airmas berharap bahwa proyek transformasi ini dapat menjadi representasi masa depan bagi kawasan Thamrin dengan ruang terbuka yang dapat dihuni dan dilalui dengan nyaman.

Sarinah merupakan ruang publik perkotaan yang baru dan diharapkan dapat menjadi penggerak pertumbuhan perkotaan di pusat Kota Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com