Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juni Ini, Tol Cisumdawu Rencananya Bakal Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 24/06/2023, 17:14 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada Juni Ini.

Hal itu sejalan dengan hampir selesainya pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Cileunyi-Cimalaka. Sehingga jalan tol tersebut tak lama lagi bisa dilintasi secara penuh.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono menyampaikan, rencananya peresmian operasional penuh Tol Cisumdawu akan dilakukan oleh Presiden Jokowi pada bulan ini.

Sejauh ini progres pembangunan Tol Cisumdawu hampir 100%, pengerjaan hanya tinggal perapihan, pembersihan, dan beautifikasi tol.

Rencananya peresmian operasional penuh Tol Cisumdawu akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada bulan ini.

"Setelah peresmian mudah-mudahan bisa beroperasi secara penuh kita targetkan di awal Juli," ujar Triono ditemui di Tol Cisumdawu, Jumat (23/06/2023), dikutip dari Kontan.co.id.

Baca juga: Sertifikat Laik Operasi Tol Indralaya-Prabumulih Terbit Akhir Juni

Usai uji laik fungsi (ULF) pada awal Juni lalu, pihaknya memproses surat keputusan mengenai operasional. Setelah surat keputusan operasional akan ada surat keputusan mengenai tarif.

"Kita beroperasi dulu, nanti setelah operasi biasanya ada waktu dua minggu untuk penerapan tarifnya," tukas Triono.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cisumdawu membentang sepanjang 62 km dan terdiri dari enam seksi.

Ruas yang telah beroperasi lebih dulu meliputi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan 11,45 km, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,05 km, dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 km.

Sementara ruas lain segera menyusul yakni, Seksi 4 Cimalaka-Legok 8,2 km, Seksi 5 Legok-Ujung Jaya 14,9 km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, termasuk Junction Dawuan 6,1 km.

Adapun Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

 

Penulis: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Tendi Mahadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com