Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nongsa Digital Park Tanam Fiber Optik Network Senilai 3 Juta Dollar AS

Kompas.com - 23/06/2023, 09:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Nongsa Digital Park (NDP) melakukan Groundbreaking Fiber Optik Network di KEK NDP Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam HM Rudi mengatakan, dibangunnya proyek tersebut, dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan investasi Batam, khususnya bagi industri digital dan data center.

“Saya berikan apresiasi terhadap pembangunan NDP Fiber Optic Network di KEK NDP Nongsa, Batam,” kata Rudi, Kamis (22/6/2023).

Rudi menegaskan, apapun yang menjadi keperluan NDP, BP Batam sepenuhnya akan mendukung sehingga industri digital di Batam menjadi contoh dan terbaik di Indonesia.

Dukungan tersebut, Lanjut Rudi, berupa perizinan dan penyiapan infrastruktur utilitas seperti saluran air dan aksebilitas berupa jalan menuju kawasan.

Baca juga: Trafik Data XL Tertinggi di Pelabuhan Nongsa Batam, Tembus 61 Persen

“Artinya pembangunan jalan dan saluran air nya yang tengah dilaksanakan itu merupakan komitmen kami,” terang Rudi.

CEO NDP Mike Wiluan menyebutkan investasi proyek tersebut mencapai 3 juta juta Dollar AS dan memiliki jaringan serat optik terbaru yang merupakan teknologi data terkini.

Nantinya, sepanjang 5 kilometer jaringan serat optik akan ditanam di dalam kawasan tersebut.

Menurut Mike, jaringan ini dapat membuka peluang baru bagi perusahaan teknologi, kegiatan research adn development, pelatihan vokasi, pusat data, dan startup untuk berkembang di Kawasan Ekonomi Khusus NDP.

“Konektivitas serat optik akan menjadi ujung tombak investasi global di masa yang akan datang dan mendukung ekosistem ekonomi digital di area pusat data seperti e-commerce, gaming dan pengembangan AI yang semuanya memerlukan konektifitas real time, penyimpanan dan pemrosesan data,” papar Mike.

Diketahui, KEK NDP Nongsa saat ini tengah membangun data center dari tiga entitas berbeda yaitu PT Data Center First, PT GDS IDC Service, dan Data Center Kominfo. Ketiga data center tersebut memiliki nilai investasi mencapai Rp 9,6 triliun.

“Infrastruktur ini akan secara signifikan mendukung ekosistem di nongsa yang menjadi jembatan digital antara indonesia dan dunia,” pungkas Mike.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com