Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Cuma Rp 3.500, Transjakarta Layani Rute Bandara Soekarno-Hatta bagi Masyarakat

Kompas.com - 16/06/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta direncanakan melayani masyarakat umum secara terbatas.

"Jika angkutan karyawan, maka setiap yang naik biasanya gratis. Ini kenapa dianggap layanan umum karena membayar tarif tertentu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dilansir dari Antaranews, Jumat (16/6/2023).

Syafrin menjelaskan, saat ini untuk pemberhentian menuju kawasan Bandara Soekarno-Hatta masih dibatasi sehingga tidak sama seperti layanan reguler TransJakarta pada umumnya.

Karenanya, masyarakat yang ingin mencoba layanan tersebut harus mau menunggu di dua lokasi yang sudah ditentukan oleh pihak terkait.

"Layanannya itu hanya berhenti di kantor PT Angkasa Pura II dan juga terminal kargo," tambahnya.

Baca juga: Matangkan Rencana Layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta, Survei Rute Dilakukan

Sementara itu, Direktur Operasi dan Keselamatan PT TransJakarta (Perseroda) Daud Joseph menambahkan, nantinya pemberhentian rute tersebut tidak di terminal penumpang.

"Itu akan melewati jalur yang sebelumnya belum kita lewati yaitu Perumahan Citra Jakarta Barat sampai daerah Rawa Bokor jika sudah disetujui," ujar Daud.

Selain itu, dia juga menargetkan setiap perjalanan rute ke Bandara Soekarno-Hatta nantinya berpotensi melayani 5.000 pelanggan per harinya. Ini jumlah pekerja di bandara tersebut yang mencapai berkisar 40.000-50.000 orang.

Dalam kesempatan berbeda, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, bus TransJakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta tidak hanya melayani karyawan bandara internasional itu saja, tetapi juga masyarakat umum.

Selain itu, Heru menyebutkan, tarif TransJakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta masih sama seperti tarif subsidi, yakni sebesar Rp 3.500.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan bus TransJakarta untuk pekerja di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten dan uji coba akan dilakukan pada Juli 2023.

Rencananya, jam operasional bus TransJakarta itu pada pukul 06.00-09.00 WIB dan jam 18.00-21.00 WIB.

Adapun rute layanan TransJakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta ini masih menunggu izin dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com