Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paruh Tahun, 93.139 Rumah Tak Layak Huni di Indonesia Sudah Dibedah

Kompas.com - 12/06/2023, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga 9 Juni 2023 atau Semester I-2023, progres fisik program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) telah mencapai 93.139 unit dari total target 150.050 unit.

Total anggaran bantuan yang juga dikenal sebagai bedah rumah ini sebesar Rp 3,29 triliun pada tahun 2023.

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto menyampaikan, program BSPS merupakan bantuan Pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dilaksanakan dengan skema Padat Karya Tunai (PKT).

Tujuannya mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya.

"Saat ini penyerapan tenaga kerjanya sudah 171.082 orang dari target 300.100 orang," tandas Iwan dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (12/06/2023).

Baca juga: Cerita Tukang Kayu di Sleman Terima Bantuan Bedah Rumah Rp 20 Juta

Dia berharap dengan skema PKT, program BSPS dapat memberikan manfaat lebih luas bagi MBR, tidak hanya memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman, namun juga mengurangi angka pengangguran dan mempertahankan daya beli masyarakat.

"Program ini sangat membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layak dengan dana stimulan yang disalurkan oleh pemerintah," imbuhnya.

Setidaknya ada tiga fokus penanganan rumah swadaya pada tahun 2023, yakni mendukung percepatan program Penurunan Kemiskinan Ekstrem (PKE) melalui peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, penanganan kawasan perumahan, dan permukiman kumuh terintegrasi dan perluasan cakupan pelayanan Klinik Rumah Swadaya (KRS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com