Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Ponpes Junjungan Sayyid Hamim Lengkap, Bikin Santri Nyaman

Kompas.com - 11/05/2023, 16:19 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Junjungan Sayyid Hamim di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur di Sumatera Selatan.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V, Johnny Rakhman menerangkan, Rumah Susun (Rusun) Ponpes Junjungan Sayyid Hanim memiliki 1 tower dan terletak di Desa Persiapan Tanjung Jaya, Kecamatan Semendawai Barat.

Rusun tersebut memiliki ketinggian 2 lantai dengan hunian tipe barak sebanyak 4 unit dan daya tampung sebanyak 56 santri.

Rusun Ponpes Sayyid Hamim dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Selatan dan telah dilaksanakan serah terima aset pada 13 Januari 2023 lalu.

Proses serah terima dilaksanakan secara langsung oleh Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Selatan, Yustin Patria Primordia kepada Ketua Yayasan Lombahan Balak Tanjung Kukuh dan Pengurus Ponpes.

"Kami harap pihak Yayasan dan para santri bersama-sama menjaga, mengelola dan memelihara bangunan Rusun serta seluruh fasilitas pendukung lainnya agar dapat dimanfaatkan oleh dalam jangka waktu yang lama," harapnya, seperti dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Selama Tujuh Tahun, Pemerintah Bangun 56.639 Unit Rusun, Ini Tiga Provinsi Terbanyak

Para santri dan santriwati mengaku sangat terbantu dan nyaman tinggal di rusun tersebut karena sudah dilengkapi dengan fasilitas meubelair.

Oleh karena itu, para santri dan santriwati hanya perlu membawa pakaian dan fokus belajar di Ponpes.

Salah seorang santri bernama Ahmad Fitra, mengaku dirinya tidak menyangka fasilitas yang ada di Ponpesnya itu lengkap.

"Alhamdulillah sudah ada tempat tidur, lemari dan meja kursi di rusun ini. Jadi kami tinggal masuk bawa pakaian dan tambah semangat belajar di Ponpes ini," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Sintya Patriana selaku santriwati. Menurutnya, bangunan Ponpes sangat bagus.

"Rusunnya bagus sekali dan lengkap ada kamar mandi yang bersih dan kamarnya nyaman," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com