Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metland Raup Pendapatan Usaha Rp 332 Miliar, Naik 30 Persen

Kompas.com - 08/05/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland berhasil meraup pendapatan usaha sebesar Rp 332,4 miliar pada kuartal 1 tahun 2023. 

Jumlah tersebut naik sebesar 30 persen bila dibandingka periode yang sama tahun lalu (year on year/YoY) yakni sebesar Rp 248,2 miliar. 

Sedangka besar laba bersih yang dicatatkan pada periode ini  mencapai Rp 68,2 miliar atau meningkat 11 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 61,3 miliar.

Baca juga: Akhir 2023, Metland Cyber Puri Buka Kawasan Komersial 1,4 Hektar

“Pendapatan Metland berasal dari dua segmen utama pendapatan yaitu penjualan residensial maupun
pendapatan berulang mengalnami peningkatan,” jelas Direktur PT Metropolitan Land Tbk. Olivia Surodjo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (8/5/2023). 

Dikatakan, besar penjualan residensial Metland bahkan mencapai Rp 203,8 miliar naik 33 persen secara tahunan.

Sementara itu perolehan pendapatan berulang yang didapatkan sebesar Rp118,6 miliar atau naik 26 persen secara tahunan. 

Menurut Olivia, proyek berjalan seperti Metland Cyber Puri dan Metland Cibitung menjadi penyumbang terbesar pada pendapatan penjualan Perseroan di kuartal I tahun 2023 dan untuk pendapatan berulang pertumbuhan positif dari unit usaha pusat perbelanjaan dan hotel yang dimiliki.

“Metland menggenjot penjualan sejak awal tahun mengejar momen sebelum lebaran mengantisipasi berbagai kondisi ekonomi yang dapat mempengaruhi penjualan di semester II,” tambah Olivia.

Pada kuartal 1 2023 ini, Metlan juga berhasil membukukan aset senilai Rp6,7 triliun. Namun, angka ini turun dari capaian di 31 Desember 2021 sebesar Rp 6,74 triliun.

Penurunan ini disebabkan penurunan liabilitas jangka pendek dari R p1,43 triliun menjadi Rp 1,27 triliun.

Sedangkan jumlah ekuitas Metland pada kuartal I tahun ini sebesar Rp4,85 triliun. Jumlah ini meningkat dari capaian di akhir Desember 2022 yakni Rp 4,76 triliun. 

Pengembangan Proyek Berjalan

Saat ini, Metland telah menambah satu unit usaha baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud yang berlokasi di Bali.

Hotel ini merupakan hotel bintang 5 pertama yang dimiliki dan dikelola Metland dan telah dilengkapi fasilitas Ume Coffee & Dining Resto dan Day Club yang akan mulai dioperasionalkan mulai kuartal II tahun 2023.

Metland juga masih meneruskan pengembangan proyek residensial berjalan seperti Metland Cyber Puri, Metland Cibitung dan Metland Cileungsi. 

Baca juga: Incar Kertajati, Metland Siapkan Aero City 226 Hektar Tahun Depan

Ketiga proyek ini sama-sama sudah meluncurkan produk terbarunya demi memenuhi kebutuhan hunian masyarakat. Proyek residensial lainnya yakni Metland Transyogi  dan Metland Cikarang juga berencana meluncurkan produk hunian terbarunya. 

Sebagai tambahan, di tahun ini Metland juga menargetkan marketing sales yang terdiri dari pre sales dan recurring revenue sebesar Rp 1,8 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com