Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Wilayah Keamanan Pulau Terdepan, Bakamla RI Bangun Dermaga di Pulau Setokok

Kompas.com - 13/04/2023, 20:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Badan Kemanana Laut (Bakamla) RI akhirnya memiliki dermaga sendiri yang berada di Pulau Setokok, Kecamatan Bulang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

"Alhamdulillah akhirnya Bakamla RI memiliki dermaga sendiri guna perkuat wikayah keamanan pulau terdepan," kata Kepala Bakamla RI Lakdsya TNI Aan Kurnia usai melaksanakan pemasangan tiang pancang pembangunan Dermaga Bakamla di Setokok Batam, Kamis (13/4/2023).

Pembangunan Dermaga Bakamla RI di Setokok untuk melengkapi prasarana yang dibutuhkan dalam menghadapi kompleksitas pelanggaran serta gangguan keamanan dan keselamatan laut.

"Keberadaan dermaga ini juga sekaligus untuk mendukung pelaksanaan penegakan hukum di laut khususnya di zona maritim barat," terang Aan.

Baca juga: Pelabuhan Ciwandan Siap Urai Kepadatan Merak saat Mudik

Tak hanya itu, dermaga Bakamla RI tersebut juga ditargetkan untuk memperkuat kapasitas sehingga memudahkan mobilitas dan jangkauan kapal patroli khususnya dalam penguatan keamanan di laut Natuna.

"Pembangunan Dermaga ini merupakan tahap pertama yang dikemudian harinya akan dilaksanakan secara berkesinambungan," papar Aan.

Badan Kemanana Laut (Bakamla) RI akhirnya memiliki dermaga sendiri yang berada di Pulau Setokok, Kecamatan Bulang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri)Bakamla Badan Kemanana Laut (Bakamla) RI akhirnya memiliki dermaga sendiri yang berada di Pulau Setokok, Kecamatan Bulang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri)
Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan sebagai provinsi kepulauan yang berbatasan langsung dengan negara luar, ditambah posisinya yang terletak di jalur Selat Malaka, maka sangat tepat jika di wilayah Kepri berdiri pangkalan Bakamla RI.

"Berbicara Kepri, kita bicara bagaimana mengamankan kedaulatan maritim, dan menjaga perairan Kepri dari berbagai bentuk ancaman dan pelanggaran yang kapan saja selalu mengancam," terang Ansar.

Ansar juga mengharapkan untuk terus dilakukan pengoptimalan kolaborasi antar sektor, baik Bakamla, TNI dan juga Polri, guna terus menjaga kedaulatan maritim dan wilayah perairan Kepulauan Riau.

"Apalagi Bakamla sebagai coast guard nya Indonesia, keberadaanya sangat penting, guna menjaga keamanan laut Indonesia, termasuk Kepri," pungkas Ansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com