Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kapal Betung Bisa Dilewati Penuh Agustus 2023, Ini Perkembangannya

Kompas.com - 05/04/2023, 14:43 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) Tahap II mulai dari Kramasan-Musilindas-Betung sedang dikebut.

Targetnya pada Agustus 2023 ruas tersebut selesai dibangun, sehingga masyarakat sudah bisa melintasi Tol Kapal Betung secara penuh.

Mengingat jalan tol yang terbagi tiga seksi ini belum sepenuhnya beroperasi. Baru Seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km, dan Seksi 2A Jakabaring-Kramasan 9 km.

Mengutip informasi dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Rabu (05/04/2023), sejauh ini progres konstruksi secara keseluruhan Seksi 2B Kramasan-Musilindas 24,90 km dan Seksi 3 Musilindas-Betung 44,29 km, telah mencapai 58,91%.

Rinciannya, progres konstruksi Seksi 2B mencapai 73,81%, dan Seksi 3 mencapai 43,09%. Keduanya ditargetkan selesai konstruksi pada Agustus 2023 mendatang.

Baca juga: Tol Bocimi Dibuka untuk Mudik, Waskita Pastikan Suplai Material Aman

Saat ini untuk prioritas konstruksi Jalan Tol Kapal Betung adalah pada segmen SS Sungai Rengas (Sta 63+000) sampai SS Pangkalan Balai (Sta 96+000) sepanjang 33 km yang ditargetkan selesai pada Juli 2023.

Proyek pembangunan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) Tahap II mulai dari Kramasan-Musilindas-Betung.Dok. BPJT Kementerian PUPR Proyek pembangunan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) Tahap II mulai dari Kramasan-Musilindas-Betung.
Kepala BPJT Danang Parikesit menyampaikan, untuk penyelesaian akses SS Sungai Rengas menggunakan konstruksi Cakar Ayam Modified (CAM)

"Di mana metode ini dapat meminimalisir penurunan badan setempat dan meningkatkan tahanan terhadap gesekan antara kendaraan dengan perkerasan, sehingga struktur yang dikembangkan nantinya bisa menahan beban yang lebih berat," jelasnya.

Menurut dia, saat ini juga tengah dilakukan penyelesaian pekerjaan struktur antara lain bangunan perlintasan overpass, underpass, dan beberapa lokasi jembatan.

"Semoga Tahap II yang tengah dikerjakan oleh PT Waskita Sriwijaya Tol ini dapat selesai tepat waktu, tepat mutu, dan juga akses tol ini nantinya akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tandas Danang.

Baca juga: Siap-siap, Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Bisa Dilintasi 15 April

Untuk diketahui, Jalan Tol Kapal Betung yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT PT Waskita Sriwijaya Tol dibangun dengan biaya investasi Rp 22,16 triliun.

Jalan tol ini memiliki tujuh simpang susun (SS), yakni SS SP Padang, SS Jejawi, SS Kramasan, SS Gandus, SS Sungai Rengas, SS Pulau Rimo, SS Pangkalan Balai

Tol Kapal Betung melintasi empat wilayah, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Banyuasin, serta Kota Palembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com