Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Jangan Asal Pilih Hunian, Pertimbangkan Developer Tepercaya

Kompas.com - 04/04/2023, 17:25 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com – Selayaknya jodoh, memilih hunian dinilai susah-susah gampang. Utamanya, calon pembeli harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk developer atau pengembang. Hal ini demi keamanan di masa depan.

Seperti diketahui, kocek yang dikeluarkan untuk pembelian rumah tidaklah sedikit. Jika tidak hati-hati, uang tabungan yang sudah dikeluarkan bisa saja melayang.

“Pengembang real estate tepercaya harus mendaftar ke Sistem Registrasi Pengembang (Sireng) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR). Jika sudah teregistrasi, artinya pengembang sudah dipastikan legitimasinya.Calon bisa mempertimbangkan hunian dengan mengecek apakah developer-nya terdaftar di Sireng,” ujar Direktur Utama Dofla Land, Doris Flantika dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (4/4/2023).

Adapun Sireng dibentuk Kementerian PUPR untuk memastikan rumah yang dibangun pemngembang, terbangun. Lebih dari itu, Sireng dibentuk untuk memastikan pengembang mengutamakan kualitas bangunan sehingga calon pemilik rumah merasa aman dan nyaman.

Merujuk definisinya dalam Peraturan Pemerintah Dalam Negeri pasal 5 ayat 1 No. 5 Tahun 1974 disebutkan bahwa pengembang atau perusahaan pengembang perumahan adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan berbagai jenis perumahan dan dalam kuantitas atau jumlah besar.

Pembangunan perumahan tersebut dilakukan pada satu kesatuan lingkungan atau permukiman yang difasilitasi beragam prasarana lingkungan serta fasilitas sosial untuk keperluan masyarakat penghuninya.

“Hal lain yang dapat dilihat calon pembeli untuk memastikan developer pilihannya tepercaya adalah banyaknya kerja sama dengan bank untuk memfasilitasi program hipotek konsumen,” tambah Doris.

Sebagai informasi, Dofla Land merupakan salah satu pengembang di Kota Padang, Sumatera Barat. Saat ini, kantor pengembang berada di Jalan Ir H Sultan Moh Rasyid, Padang.

Dofla Land bekerja sama dengan beragam bank besar di Indonesia. Ini menjadi salah satu tolok ukur developer tepercaya.Dok Dofla Land Dofla Land bekerja sama dengan beragam bank besar di Indonesia. Ini menjadi salah satu tolok ukur developer tepercaya.

“Tak hanya terbukti dapat dipercaya, kami juga menerapkan prinsip Constant And Never Ending Improvement (CANI). Komitmen kami adalah terus berinovasi dalam menghadirkan kawasan yang layak huni dengan peningkatan mutu secara berkesinmabungan,” tambahnya.

Doris pun menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya mengurusi perumahan komersil. Saat ini, Dofla Land juga hadir dengan menyediakan perumahan subsidi yang telah bekerja sama dengan berbagai bank besar di Indonesia.

“Kami juga telah merilis produk-produk baru yang dapat menjadi pilihan utama bagi konsumen dalam memilih kawasan perumahan sebagai hunian yang nyaman, berkualitas, dan juga aman,” paparnya.

Untuk memastikan pihaknya merupakan pengembang tepercaya, Doris mempersilakan calon pembeli mengecek pada Sireng.

“Kami juga telah tergabung ke dalam organisasi resmi Real Estate Indonesia (REI) yang menandakan keseriusian dan profesionalitas kami dalam pekerjaan,” ujarnya.

Perlu diketahui, Dofla Land mengembangkan perumahan kawasan di beberapa titik. Proyek yang kini berjalan, yakni Nanggalo, Newton Residence, Alana Residence 4, Grand Alana View 2, Grand Alana View, Angkasa Raya 5, dan Alana Residence 1.

“Semua kawasan perumahan kami berada di lingkungan strategis dengan hunian yang aman, nyaman, serta berkualitas,” sambungnya.

Doris juga memastikan setiap pembangunan kawasan perumahan Dofla Land memiliki standar dengan kualitas terjaga sesuai dengan perencanaan dan rancangan awal.

Selain menyediakan perumahan subsidi, Dofla Land juga menyediakan perumahan komersil dengan berbagai tipe, mulai dari tipe 40, tipe 45, tipe 60 hingga tipe 100.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com