Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Compact House, Solusi Hunian Modern yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 18/03/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Rumah merupakan kebutuhan utama setiap orang, baik yang masih kecil maupun yang sudah berusia senja.

Meskipun demikian, ketersediaan lahan yang kian terbatas membuat harga rumah semakin melambung. Akibatnya, tidak semua orang bisa mendapatkan akses tempat tinggal yang layak.

Banyak solusi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal. Salah satunya adalah compact house atau rumah kompak.

Compact house juga dikenal dengan sebutan rumah mungil, rumah mikro, atau rumah pintar merupakan hasil karya arsitektur yang mengkampanyekan tentang hunian dengan penggunaan ruang yang lebih sedikit.

Baca juga: Ingin Gunakan Lantai Beton di Rumah, Nih Kelebihan dan Kekurangannya

Tidak seperti rumah tradisional, compact house umumnya dibangun menggunakan Metode Konstruksi Modern (MMC) karena seluruh komponennya dibuat di pabrik dengan standar tinggi.

Dalam rumah tersebut, berisi kamar mandi mewah, perlengkapan ultra-modern, dapur yang lengkap serta desain cerdas untuk solusi penyimpanan yang optimal.

Kunci dari konsep compact house adalah menciptakan rumah yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari namun dengan cara yang lebih kompak dan ringkas.


Compact house dibangun dengan mempertimbangkan efisiensi energi sehingga banyak menggunakan bahan alami atau daur ulang.

Ukuran rumah yang lebih kecil secara signifikan mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk membuat ruangan lebih sejuk. Dengan lebih sedikit pencahayaan, maka konsumsi listrik pun dapat dipangkas.

Baca juga: Rumah Prefabrikasi Ini Diklaim Hemat Energi, Tertarik Punya?

Namun demikian, tinggal di compact house artinya Anda memiliki lebih sedikit barang dan harus menyimpan setiap hal di dalam rak penyimpanan agar tidak berantakan.

Jadi, Anda harus siap membuang barang-barang yang tidak perlu dan hanya memprioritaskan pada yang penting saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com