Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Bisa Dipesan, Tiket Kereta Keberangkatan H-10 Lebaran

Kompas.com - 27/02/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket kereta api (KA) jarak jauh untuk keberangkatan pada H-10 Lebaran atau tepatnya 12 April 2023 sudah bisa dipesan mulai hari Minggu, (26/2/2023).

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Senin (27/2/2023), pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Khusus penjualan tiket Angkutan Lebaran kali ini, PT KAI (Persero) menerapkan kebijakan pembelian tiket oleh masyarakat dapat dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45).

Sementara di luar masa Angkutan Lebaran, penjualan tiket KA jarak jauh baru dapat dilakukan mulai 30 hari sebelum jadwal keberangkatan (H-30).

Dengan kebijakan pemesanan H-45 tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih leluasa merencanakan perjalanan pada momen arus mudik Lebaran.

Untuk lebih memudahkan proses transaksi, masyarakat disarankan melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access.

Di sisi lain, Daop 1 Jakarta mengingatkan calon penumpang agar selalu teliti dalam memilih tanggal dan rute serta melakukan pemeriksaan kembali pada proses pengisian data diri saat melakukan pemesanan tiket.

Calon penumpang juga diimbau agar memerhatikan kembali syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan transaksi tiket KA jarak jauh.

Baca juga: KAI Hadirkan Kereta Luxury Generasi 3, Ini Fasilitasnya

Sampai dengan saat ini terdapat sekitar 30.000 pengguna jasa KA jarak jauh per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan total rata-rata perjalanan 60 KA per hari dengan berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan dengan adanya program pemberangkatan KA tambahan yang biasanya dijalankan pada masa Angkutan Lebaran.

Daop 1 Jakarta akan mensosialisasikan kembali terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa Angkutan Lebaran.

Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran ini, KAI akan melakukan berbagai kesiapan baik sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia (SDM).

Inspeksi keselamatan dan penerapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) juga sudah telah dilakukan.

Selain itu para petugas KAI juga terus disiapkan agar dapat memberikan layanan KA yang selamat, aman, nyaman dan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com