Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Stasiun Karawang, Titik Pemberhentian Pertama Kereta Cepat dari Jakarta

Kompas.com - 21/02/2023, 14:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan memiliki empat stasiun sebagai titik pemberhentian. Salah satunya yakni Stasiun Karawang, di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Mengutip informasi dari laman PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pada Selasa (21/02/2023), dari empat stasiun yang akan dilayani KCJB, Stasiun Karawang adalah pemberhentian pertama dari wilayah Jakarta.

Stasiun ini memiliki luas sekitar 19.028 meter persegi dan memiliki 2 peron bagi penumpang untuk naik turun kereta.

Nantinya, akan terdapat 68 jadwal perjalanan KCJB yang akan berhenti di Stasiun Karawang untuk melayani masyarakat yang akan menuju Halim, Padalarang, maupun Tegalluar.

Baca juga: Sederet Alasan KCIC Minta Masa Konsesi Proyek Kereta Cepat Diperpanjang

Penumpang yang turun di Stasiun Karawang nantinya dapat menggunakan bus Damri untuk melanjutkan perjalanan mereka berbagai wilayah di Karawang.

Integrasi antara KCJB dengan angkutan masal lainnya ini sejalan dengan arahan pemerintah yang ingin mengedepankan angkutan masal untuk kota-kota besar.

Pembangunan Stasiun Karawang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).Dok. PT KCIC Pembangunan Stasiun Karawang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Baru-baru ini, KCIC menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang karena pengembangan Stasiun Karawang.

Adanya stasiun itu KCIC menerima Penghargaan Investor Tertinggi di Karawang dari Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana pada Kamis (16/02/2023).

Baca juga: Capai 80 Persen, Pembangunan Stasiun Terbesar Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Penghargaan ini diberikan karena investasi KCIC mendorong Kabupaten Karawang menduduki peringkat pertama wilayah dengan investasi terbesar di Jawa Barat tahun 2022.

Pembangunan Stasiun Karawang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).Dok. PT KCIC Pembangunan Stasiun Karawang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
General Manager Corporate Secetary KCIC, Rahadian Ratry mengucapkan terima kasih pada Pemkab Karawang atas penghargaan yang diberikan.

Kehadiran Stasiun Karawang diharapkan mampu untuk membantu pertumbuhan ekonomi di sekitar trase KCJB, dan mempercepat mobilitas masyarakat di sekitar trase.

"Penghargaan yang diberikan oleh Bupati Karawang untuk KCIC menjadi dorongan untuk menyelesaikan proyek KCJB dan menjadi moda transportasi terbaik pilihan masyarakat," tutup Rahadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com