Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Tinggal di Apartemen? Pahami Komponen Biaya IPL

Kompas.com - 12/02/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memutuskan tinggal di apartemen, Anda pasti tak asing lagi dengan istilah Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL).

IPL merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap penghuni dan pemilik apartemen.

Ini juga bisa disebut sebagai maintenance fee yang dibayarkan setiap bulan untuk kebutuhan pemeliharaan dan perawatan lingkungan apartemen, baik fasilitas, desin interior, maupun eksterior.

Pemungutan IPL tidak dilakukan secara sembarangan melainkan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Rumah Susun.

Dalam aturan tersebut, biaya pengelolaan dibebankan kepada setiap pemilik dan penguni apartemen.

Besaran biaya IPL ini telah disepakati dan dibicarakan oleh pengelola apartemen atau Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) dan sekaligus tercantum besarannya dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

Baca juga: Cara Perpanjang SHM Apartemen, Alur, Syarat, Biaya, dan Waktu Penyelesaian

Biaya IPL ini meliputi beberapa komponen yaitu:

1. Biaya utilitas

Biaya utilitas yaitu komponen biaya yang meliputi pengelolaan dan perawatan jaringan instalasi listrik, air, gas, dan perawatan atau penggantian peralatan apartemen.

2. Service charge

Komponen biaya IPL apartemen ini dipergunakan untuk biaya operasional, penyediaan fasilitas keberiahan, keamanan, termasuk gaji karyawan dan kebutuhan operasional pengelolaan apartemen.

3. Sinking fund

Ini adalah biaya IPL apartemen yang dialokasikan sebagai dana cadangan untuk perbaikan vital yang mendesak, biaya perbaikan besar, dan alokasi kebutuhan jangka panjang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com