Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dermaga Baru Dekat IKN Dibangun Mirip Pelabuhan Wisata Labuan Bajo

Kompas.com - 23/01/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dermaga baru dekat Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bakal dibangun seperti Pelabuhan Wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan Bandara VVIP di IKN, Jumat (20/1/2023).

"Hari ini kami bersama-sama meninjau titik dari pelabuhan atau dermaga seperti di dermaga wisata Marina di Labuan Bajo," kata Menhub, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (23/1/2023).

Jelasnya, terdapat tiga alternatif lokasi pembangunan dermaga wisata IKN. Namun Kemenhub telah memutuskan satu lokasi yang berada di daerah Punggur.

Daerah Punggur berjarak sekitar 9 kilometer dari IKN. Dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah.

"Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah," imbuh Menhub.

Selain itu, dermaga baru IKN akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, area kuliner dan fasilitas lain untuk menarik wisatawan.

Dalam kesempatan yang sama, Menhub juga meninjau lokasi bakal bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan.

Baca juga: Menjajal Jalur Laut Menuju IKN, Potensi Wisata Baru di Kalimantan Timur

Tinjauan dilakukan dengan menggunakan helikopter untuk melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi Bandara VVIP sekaligus pangkalan udara TNI AU.

Menhub menjelaskan, tengah melakukan koordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan lainnya untuk menetapkan satu lokasi dari beberapa alternatif yang diajukan.

"Selanjutnya untuk bandara masih kami kumpulkan data-datanya semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya," tutup Menhub.

Sebagai informasi, kunjungan kerja Menhub ke IKN merupakan bagian dari langkah Kemenhub menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN yang menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com