Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Membuat Ruang Kantor di Rumah

Kompas.com - 03/01/2023, 19:08 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah berangsur membaik hingga pemerintah Indonesia mengangkat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember 2022.

Meski begitu, beberapa perubahan yang diakibatkan pandemi tetap berjalan hingga saat ini, salah satunya adalah praktik bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Banyak perusahaan dan pekerja lepas yang tetap melanjutkan praktik kerja dari rumah.

Untuk menunjang kenyamanan ini, akan lebih asik jika terdapat ruangan atau area yang dikhususkan sebagai kantor atau bekerja di rumah. Pasalnya, memiliki ruangan khusus seperti ini dapat membantu Anda lebih fokus dalam bekerja.

Baca juga: Harga Sewa Ruang Kantor Masih Tertekan pada Tahun 2023

Dikutip dari Forbes, bekerja secara konsisten di sebuah area khusus seperti meja kerja atau ruang kantor di rumah dapat meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja, produktivitas, serta menciptakan ruang aman untuk bekerja.

Rutinitas ini akan mengubah pola pikir otak menjadi dalam modus bekerja ketika sedang berada di area kerja.

Jika ingin menciptakan atau menyulap salah satu area atau ruangan di rumah menjadi ruang kantor, terdapat beberapa hal yang perlu Anda hindari.

1. Pencahayaan yang buruk

Area kerja dengan pencahayaan yang buruk dapat membuat Anda kesulitan menangkap suasana bekerja. Anda perlu menambah beberapa lanpu tambahan di area kantor atau meja kerja agar pencahayaan menjadi lebih baik.

Pasalnya, pencahayaan di rumah biasanya hanya bersumber dari satu atau dua bola lampu di bagian tengah langit-langit ruangan.

Pencahayaan seperti ini dapat membuat beberapa sudut ruangan kekurangan cahaya dan menciptakan bayangan.

2. Memilih ruangan tanpa jendela

Selain menambah lampu, Anda juga bisa mendapatkan pencahayaan yang cukup dengan memanfaatkan cahaya alami. Cahaya alami dipercaya dapat meningkatkan suasana hari dan kesadaran diri akan waktu.

Ini juga dapat membantu Anda menciptakan keseimbangan kehidupan kerja.

3. Memilih kursi yang tidak nyaman

Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda duduk di kursi ini. Pastikan Anda memilih kursi dengan bantalan empuk yang nyaman dan dapat menahan postur tubuh selama beberapa jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com