Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Sarpras SMAN 5 Surabaya Beres, Basuki: Manfaatkan untuk Pembentukan Karakter

Kompas.com - 19/10/2022, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta agar sarana dan prasarana di SMAN 5 Surabaya yang telah direnovasi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembentukan karakter anak didik yang tangguh.

Dia yang merupakan salah satu alumni sekolah tersebut juga mengucapkan terima kasih karena SMAN 5 Surabaya telah berkontribusi membentuk karakternya saat ini.

Basuki mengatakan hal ini sebagaimana dikutip Kompas.com dari laman Kementerian PUPR, Rabu (19/10/2022).

"Saya mohon prasarana dan sarana yang baru direhab atau direnovasi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembentukan karakter anak didik yang tangguh. Saya berterima kasih kepada SMA Negeri 5 Surabaya karena sudah berkontribusi membentuk karakter saya seperti sekarang," ucap Basuki.

Basuki berpesan, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang sudah selesai bisa dikelola dengan baik.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan aset kepada Pemerintah Daerah (Pemda) maupun pihak sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Mau Renovasi Rumah? Anda Bisa Konsultasi ke Kementerian PUPR via Online

Hal ini juga merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran negara.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur menyelesaikan rehabilitasi dan renovasi sekolah tersebut dengan tepat waktu untuk mengejar momentum 50 Tahun (Golden Anniversary) Angkatan 1972.

"Saya memang menginstruksikan kerja infrastruktur PUPR harus berirama musik rock and roll, tidak bisa bekerja hanya linier dengan irama musik pop atau keroncong, bekerja selama 7 hari dibagi dalam 2 shift," tambahnya.

Rehabilitasi dan renovasi sekolah di Jatim dilaksanakan BPPW Jatim sejak 14 Januari 2022 dan telah selesai 100 persen sesuai kontrak 31 Agustus 2022.

Lingkup pekerjaannya meliputi struktur, arsitektur, mekanikal dan elektrikal, bangunan penunjang, sarana dan prasarana Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dan fasilitas pendukung lainnya.

Dana rehabilitasi dan renovasi sekolah di Jatim ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021-2022 senilai Rp 22,5 miliar.

Adapun pelaksanaannya dikerjakan oleh kontraktor PT Graha Yasa Anugerah-PT Pandan Jaya Indonesia dengan skema kerja sama operasi (KSO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com