Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Kebocoran Suara dengan Cara-Cara Ini!

Kompas.com - 10/10/2022, 12:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suasana tenang tidak selalu mudah didapatkan, apalagi jika memiliki tembok rumah atau ruangan yang tipis dan berlokasi di tempat ramai seperti pinggir jalan raya atau daerah industri.

Padahal, terkadang kesunyian diperlukan oleh seseorang agar dapat bekerja secara efektif atau menjadi incaran orang-orang saat lelah dan butuh beristirahat.

Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan.

Baca juga: 4 Trik Menciptakan Kamar Tidur Kedap Suara

Suara dapat terdengar karena adanya getaran yang merambat sehingga salah satu hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu sumber kebocoran suara.

Dengan begitu, hal ini dapat diatasi secara lebih efektif.

Terdapat beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk meredam suara, seperti:

1. Menutup sela-sela pintu dan jendela

Suara yang bocor bisa jadi berasal dari sela-sela pintu atau jendela. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan penyekat karet di bingkai jendela atau sela-sela di bawah pintu dengan door seal.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti atau menggunakan kaca jendela yang lebih tebal serta menghindari pintu yang ringan.

2. Menempelkan bahan tebal di dinding ruangan

Untuk menjaga getaran suara agar tidak merembet keluar atau masuk ruangan, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan tebal yang ditempelkan di dinding ruangan seperti busa, panel akustik, karpet, dan lainnya.

3. Menggunakan tirai tebal

Selain menempelkan bahan tebal, getaran suara juga bisa diredam menggunakan tirai yang berbahan tebal dan berat.

Tirai ini biasanya disebut dengan tirai blackout dan juga memiliki kemampuan untuk menghalangi cahaya matahari masuk ke ruangan.

4. Menggunakan gypsum

Kadang kala, suara juga bisa bocor melalui plafon dari bagian atas ruangan. Gypsum memiliki tipe dan ketebalan yang berbeda-beda, salah satunya adalah Noise Reduction Coefficient (NRC).

Gypsum ini bisa digunakan untuk plafon atau penyekat ruangan, tetapi penggunaan gypsum ini juga relatif lebih mahal dibandingkan alternatif lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com