Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Akhir Tahun Bisa Lewat Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanagara

Kompas.com - 21/09/2022, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Jalan Tol Ruas Sadang-Kutanagara sepanjang 9 kilometer terus dikebut dan ditargetkan rampung pada Desember 2022.

Rencananya, ruas tersebut akan digunakan untuk mendukung arus mudik Natal dan Tahun Baru 2023.

Adapun ruas ini termasuk dalam Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 kilometer dan bagian dari Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan sepanjang 64 kilometer.

"Kita akan selesaikan Ruas Sadang-Kutanagara 9 kilometer pada Desember 2022 untuk mendukung arus libur Natal dan Tahun Baru," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, seperti dikutip dari rilis, Rabu (21/9/2022).

Tetapi, proyek ini masih terkendala masalah finansial. Karenanya, Basuki telah menghubungi Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) guna mendorong PT Jasa Marga mempercepat penyelesaian termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen.

Baca juga: Trase Awal Tol Serpong-Balaraja Resmi Beroperasi, Sisanya Kapan?

Dengan mekanisme ini Basuki berharap PT Waskita Karya selaku pelaksana konstruksi dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Tol Japek II Selatan.

"Kita coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. Untuk Lebaran 2023, kita coba sampai Gate Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gate Jati Asih 2024," tambah Menteri Basuki.

Untuk diketahui, Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun melalui pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), BUMN, dan Swasta dengan kerjasama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga dan PT Wiranusantara Bumi.

Tol Japek II Selatan akan menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat.

Proyek Tol Japek II Selatan diharapkan dapat mendukung pengembangan kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase jalan tol tersebut.

Baca juga: Sederet Fakta Tol Cibitung-Cilincing yang Wajib Anda Ketahui

Selain itu juga menjadi alternatif rute masyarakat dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya.

Tol Japek II Selatan memakan biaya investasi sebesar Rp 14,69 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

Pembangunan tol ini terbagi dalam tiga seksi yakni Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer, Seksi 2 Setu-Taman Mekar 24,85 kilometer, dan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang 27,85 kilometer.

Secara konstruksi, jalan tol ini akan memiliki tujuh Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com